2019, Besaran UMK Rohil Disepakati Rp2,700 Juta Lebih

Diterbitkan Tanggal: 06 / 11 / 18

Kategori: | PELAYANAN, Rohil, TODAY |

RIAUEXPRESS, BAGANSIAPIAPI – Bupati Rohil, H.Suyatno diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. H.Surya Arfan membuka Rapat Dewan Pengupahan di ruang rapat Lantai 3 Kantor Bupati, Jalan Komplek Perkantoran Batu 6 Bagansiapiapi, Senin (5/11/18) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Rohil Muzzakar, para unsur pemerintah, pengusaha, dan Serikat Pekerja Rokan Hilir dan sejumlah undangan lainnya.

Dari hasil Rapat Dewan Pengupahan, bahwa besaran nilai upah minimun Kabupaten (UMK) tahun 2019 sebesar Rp2,707, 384.96, dengan menggunakan Asumsi Nasional Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sekda Rohil,Drs.Surya Arfan menyampaikan, bahwa pelaksanaan pembangunan, tenaga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku.

“Oleh karena itu, pembangunan ketenagakerjaan dalam rangka peningkatan kualitas tenaga kerja, peran sertanya dalam pembangunan serta peningkatan perlindungan tenaga kerja sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, “jelasnya.

Dijelaskan, keberadaan Dewan Pengupahan adalah merupakan mitra pemerintah, pengusaha dan kerja, sehingga diharapkan mampu memberikan saran terbaik di bidang pengupahan.

“Saran terbaik ini, dengan memperhatikan perkembangan dunia usaha, dan berorientasi dalam memenuhi kebutuhan pekerja dan keluarga secara wajar dan manusiawi, serta meliputi sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan,dan jaminan hari tua, “ungkap Surya Arfan.

Sekda juga menghimbau kepada para pengusaha untuk dapat mendukung pemerintahan dalam mensukseskan untuk pengentasan kemiskinan dan pengangguran, dengan kesediaan lapangan/lowongan pekerjaan.

“Artinya pihak pengusaha diharapkan jangan sampai melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap pada karyawannya, “harapnya.

Sementara itu, Kadisnaker, Muzzakar menjelaskan, Penghitungan UMK tersebut menggunakan Asumsi Nasional PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Sehingga Kabupaten Rohil di tahun 2019 menetapkan UMK sesuai Pasal 44 ayat (1) dan ayat (2) PP Nomor 78 Tahun 2015. Surat Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor B.240/M-NAKER/PHIJSK-UPAH/X/2018 Tanggal 15 Oktober 2018.

Selanjutnya Upah Minimum Provinsi Riau Tahun 2019 sebesar Rp.2.662.02, 63. Lalu Inflasi Nasional sebesar 2,88% dan Pertumbuhan Ekonomi (PDB) sebesar 5, 15 % dengan Jumlah 8,03 %.**

 

Laporan: Suprianto

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!