Penyakit Binatang Ternak Ditemukan 3 Kasus di Bengkalis

Diterbitkan Tanggal: 19 / 10 / 18

Kategori: | Bengkalis, KESEHATAN, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Jenis penyakit berbahaya pada hewan peliharaan yang sering di temukan ada enam jenis penyakit, yakni penyakit keguguran pada ternak, Antraks, Hotkolera pada babi, Rabies, Jenbraba dan Parainfluenza.

Dari enam jenis ini tiga diantaranya sudah ditemukan di Bengkalis, yakni jenis rabies, jembrana dan parainfluenza atau flu burung.

Hal ini dikatakan Plt. Kepala Dinas Pertanian Bengkalis Sapoon melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) H.M.Mardani, disebutkannya tiga penyakit hewan tersebut rutin dilakukan kontrol dan pemberian vaksinasinya seperti rabies untuk hewan kucing dan anjing, penyakit jembrana yang sering terjadi pada sapi bali dilakukan pemeriksaan rutin terhadap sapinya karena umumnya sapi bali tersebut rata-rata di temukan di Bengkalis, dan terakhir penyakit flu burung.

“Tiga jenis penyakit hewan yang ditemukan di Kabupaten Bengkalis ini rutin kita vaksinasi,sementara tiga penyakit lagi meskipun tidak ditemukan kita terus lakukan monitoring agar apabila ada akan cepat ditindak lanjuti, “kata H.M.Mardani Kasi Keswan Dinas Pertanian Bengkalis, Kamis, (18/10/18).

Diakatakan Mardani jenis penyakit yang tiganya lagi meskipun tidak ditemukan di pulau bengkalis namun wajib dilakukan monitoring agar penyakit tidak terjangkit.

Dinas Pertanian selain memberikan vaksinasi terhadap hewan, juga rutin melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui bahaya virus tersebut menyerang ternak mereka.**

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!