Dinas Peternakan: Sapi Bali Rentan Dengan Penyakit Jembrana

Diterbitkan Tanggal: 19 / 10 / 18

Kategori: | Bengkalis, KESEHATAN, TODAY |

Ilustrasi

 

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Penyakit Jembrana yang sering terjadi pada Sapi Bali akan mengakibatkan kekebalan tubuh sapi cenderung menurun, sehingga sapi tersebut tidak akan bertahan hidup.

Penyakit Jembrana khusus menyerang pada sapi bali sering ditakutkan oleh para peternak karena jembrana tersebut menyerang sistem kekebalan pada tubuh sapi.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bengkalis H.M. Mardani sebutkan Kabupaten Bengkalis penyakit tersebut sudah ditemukan apabila penyakit ini menyerang maka sapi bali tersebut akan lemah dan akan menyebabkan kematian.

“Untuk mencegah agar sapi bali ini tidak terserang jembrana minimal harus mendapatkan vaksinasi selama 4 tahun berturut turut, dalam satu tahun harus mendapatkan 2 x vaksin dengan rentang jarak 1 bulan sekali, “Kata Mardani, Kamis, (18/10/18).

Ditambahkan, di Kabupaten Bengkalis sejak terakhir 2016 penyakit jembrana tersebut tidak ditemukan lagi, namun sampai saat ini Dinas Pertanian tetap melakukan secara insten untuk melakukan vaksinasi.

“Di Kabupaten Bengkalis hampir 90 porsen populasinya sapi bali, yang terbanyak yakni di Kecamatan Siak Kecil dan Bukit Batu, Mandau dan Kecamatan Pinggir.

Sampai saat ini sapi yang terserang Jembrana di Bengkalis masih dibawah angka 5 porsen, tetapi melihat dari dampaknya angka sakit yang banyak akan menurunkan produktivitas sehingga hal ini tetap harus dilakukan penanganan yang lebih giat lagi.**

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!