Luapan Air Hujan: 710 Rumah di Kec. Bengkalis Terkena Banjir, 150 Rumah di Bantan

Diterbitkan Tanggal: 13 / 10 / 18

Kategori: | Bengkalis, PERISTIWA, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Curah hujan yang mengguyur pulau Bengkalis beberapa hari belakangan  membuat setidaknya 1.070 rumah di Kecamatan Bengkalis dan Bantan terendam air.

Pada Sabtu, 13 Oktober 2018, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis melaporkan hasil dari pendataan yang sudah dilakukan.

Berdasarkan laporan Pusdatin Kecamatan Bantan, Marwan dan Rahayu, akibat curah hujan yang banyak pada malam hari, khusus di Kecamatan Bantan, diperkirakan jumlah rumah yang terendam sebanyak 360 rumah.

Ketinggian air bervariasi mulai dari 50 hingga 100 cm, menggenangi lebih kurang 150 rumah warga di Desa Deluk, 10 rumah di Desa Ulu Pulau serta 100 rumah di Desa Jangkang dan Desa Bantan Sari.

Sedangkan untuk Kecamatan Bengkalis ketinggian air mulai dari 50 sampai dengan 110 cm, menggenangi sekitar 710 rumah warga, dengan rincian, 200 rumah di Desa Teluk latak, 160 rumah di Desa Pedekik, 30 rumah di Kelurahan Damon, 120 rumah di Desa Wonosari, 30 rumah di Desa Senggoro, 150 rumah di Desa Simpang Ayam dan 20 rumah di Desa Sebauk.

“Jumlah rumah yang terendam di Kecamatan Bengkalis lebih banyak daripada di Kecamatan Bantan, karena selain hujan yang banyak pada malam hari ditambah pasang air laut yang mengakibat air bertahan. Saat ini masing-masing desa dan kelurahan masih mendata KK yang terkena banjir, “ungkap Pusdatin Kecamatan Bengkalis Risa Novita yang diaminkan Iffian petang tadi.

Sebagai upaya cepat tanggap, seperti yang dirilis Diskominfotik, bahwa Pusdatin-PB BPBD Kabupaten Bengkalis menurunkan anggota Rescue BPBD dilokasi terkena banjir, sekaligus melaksanakan kegiatan pelaporan dan pemantauan secara online serta Penanggulangan Bencana.**

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!