Utang Tambah Numpuk, Ribuan Honorer Bagian Administrasi Pemkab. Rohil “Dirumahkan”

Diterbitkan Tanggal: 25 / 09 / 18

Kategori: | OTONOMI, Rohil, TODAY |

RIAUEXPRESS, ROHIL – Meski berat hati dalam mengambil keputusan untuk merumahkan tenaga honorer. Namun jika tidak cepat bersikap, maka Pemkab. Rohil terancam kolaps, karena utang makin terus menumpuk.

Hal ini diungkapkan Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno di halaman Kantor BPKAD, Jalan Merdeka Bagansiapiapi, bahwa dia mengaku siang, malam memikirkan pada nasib tenaga honorer apabila dirumahkan.

“Tapi, karena keterbatasan keuangan daerah, dengan berat hati terpaksa kami mengambil satu keputusan, dengan merumahkan tenaga honorer untuk sementara waktu, “bebernya, Senin (24/09/18).

Diungkapkan, tenaga honorer di Lingkungan Pemkab. Rohil semuanya berjumlah 12 ribu lebih, namun untuk sopir, petugas kebersihan, petugas penjaga malam tidak dirumahkan, tenaga honorer administrasi.

Diakui Suyatno, bahwa dirinya paling terakhir mengambil keputusan merumahkan honorer Pemkab Rohil, karena masih mengingat dan menimbang unsur kemanusiaan.

“Artinya, jika tenaga honorer bagian administrasi kita paksa pertahankan, tentu makin lama utang kita makin menumpuk. Hutang kita sekarang saja sudah mencapai Rp24 Miliyar, ditambah hutang lagi, mencapai keseluruhan Rp34 Miliyar, “terang Suyatno.

Untuk setiap tahun, dari jumlah honorer mencapai 12 ribu lebih orang, Pemkab. Rohil harus menyiapkan anggaran minimal Rp9 miliyar untuk tenaga honorer.

Terkait tunggakan gaji honorer 3 bulan pada tahun 2017, Bupati Suyatno mengatakan, tetap akan melunasinya, yang akan dituangkan melalui APBD P 2018 ini.**

 

Laporan: Suprianto

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!