50 Anggota di Dua Polsek, Ditatar Soal Tugas dan Fungsi “Tim Saber Pungli”

Diterbitkan Tanggal: 20 / 09 / 18

Kategori: | NUSANTARA, PELAYANAN, PENDIDIKAN, POLRI, TODAY |

RIAUEXPRESS, JAKBAR – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Saber Pungli Polres Metro Jakarta Barat, menggelar sosialisasi tentang Pungutan Liar, di aula lantai III Polsek Tambora, Rabu, (19/09/18).

Sosialisasi ini diikuti peserta jajaran Kepolsian berjumlah 50 orang, dari anggota Polsek Metro Tamansari dan Polsek Tambora Jakarta Barat, yang dipimpin oleh Kasat Binmas AKBP Lilik Haryati SH MH.

Kasat Binmas sampaikan dalam sambutannya, bahwa definisi Pungutan liar adalah, suatu tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengambil biaya, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi.

“Secara hukum hal tersebut, merupakan tindakan ilegal yang merugikan perorangan maupun masyarakat dengan Dasar Hukum Pungli antara lain UU No 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap Pasal 3 dan KUHP Pasal 368 Tentang Pemerasan, “ujar dia.

Dijelaskan, berbagai dampak negatif pungli menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada Pemerintah, seperti rusaknya tatanan masyarakat, menghambat pembangunan, merugikan masyarakat dan juga ekonomi dengan biaya tinggi.**rls.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!