WOW,,,, Wali Nagari Simpang Sugiran Iswaris Can Ciptakan Maskot Seribu Satu Anak Tangga

Diterbitkan Tanggal: 18 / 09 / 18

Kategori: | Padang, TODAY |

RIAUEXPRESS, SIMPANG SUGIRAN –  Wali Nagari Simpang Sugiran Kec. Guguk Kab. 50 Kota Prov. Sumatera Barat (Iswaris Can) selalu inovatif dalam mengembangkan desanya, yang sebelumnya mencanangkan buah naga menjadi komoditi unggulan untuk 3 thn kedepan di Desa Simpang Sugiran. Kali ini merambah ke ranah pariwisata di desanya dengan membangun 1001 (seribu satu) Janjang (anak tangga – Red) di Desa Simpang Sugiran (Bukik Lumuik Jorong Boncah). Dan yang perlu diacungkan jempol, bahwa anak tangga seribu satu ini hanya satu-satunya di Sumatera Barat.

Sewaktu awak media menyambangi Wali Nagari di kediamannya di Nagari Simpang Sugiran Kec. Guguk Kab. 50 Kota Prov. Sumatera Barat, Selasa (18/09/18) sambil menikmati secangkir kopi dengan ramah Iswaris Can menceritakan asal muasal ide dan makna yang terkandung dalam pembuatan Janjang (Anak Tangga) Seribu Satu (1001), beliau mengatakan dengan logat khas Simpang Sugiran.

“Sabonayo, makosuik dan arti dari anak jonjang seribu satu buliah kito babeda pandapek asal lai untuak satu tujuan luruih (Membangun Anakgori)”.

Artinya, Sebenarnya maksud dan arti dari anak tangga seribu satu boleh berbeda pendapat tapi tetap satu tujuan lurus (Membangun Negeri).

Terkait dengan makna yang terkandung secara religi, Pak Wali menjelaskan dengan singkat dan padat.

“Rencana dan usaha yang dilakukan oleh umat manusia, semua tergantung dari kehendak yang satu (Allah SWT – Tuhan Yang Maha Esa). Inilah nilai luhur yang terkandung PADA ANAK TANGGA TERAKHIR”.

Terkait asal dana pembangunan seribu satu anak tangga ini, Pak wali mengatakan, “Dana ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) pada tahun 2018 dengan nilai Rp. 54 jt dengan lama pembangunan 120 hari kalender yang dimulai dari pertengahan bulan agustus 2018”.

Pantauan awak media, Wali Nagari yang satu ini sangat energik dan terus melakukan pembangunan, baik dari infastruktur atau Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya dengan membangun  sarana olah raga (Lapangan Bola Kaki) yang sudah tahap Finishing yang juga terletak di Nagari Simpang Sugiran Jorong Boncah Ateh Talaoh.

“Saya sebagai Wali Nagari selalu juga memperhatikan keinginan para pemuda bukan hanya dari bakatnya, tapi efek dari pengaruh lingkungan juga kita perhatikan. Salah satu sarana olah raga inilah (Lapangan Bola Kaki) kita bangun guna menghindari kenakalan remaja yang makin hari makin memprihatinkan. Dengan adanya sarana olah raga ini, mudah-mudahan akan terhindar dari hal yang negatif khususnya Narkoba”. [Teldi]

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!