Pileg 2019: PAN Tetap Tak Kirim Caleg Eks Koruptor, Meski MA Meloloskan

Diterbitkan Tanggal: 15 / 09 / 18

Kategori: | NUSANTARA, POLITIK, TODAY |

RIAUEXPRESS, JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) memutuskan mantan koruptor bisa nyaleg dalam Pemilu 2019 meski tak otomatis berlaku. PAN menyatakan tetap akan mengikuti Peraturan KPU (PKPU) yang melarang eks koruptor untuk nyaleg.

“Kita bersyukur ada putusan MA itu karena memberi putusan hukum, karena selama ini menjadi polemik. Perbedaan penafsiran antara PKPU dan UU, termasuk perbedaan pandangan KPU dan Bawaslu, “ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dihubungi, Sabtu (15/08/18).

Meski begitu, PAN disebut akan tetap mengikuti PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang melarang eks narapidana korupsi ikut dalam Pileg 2019. Eddy memastikan partainya siap mendukung KPU mendukung pemberantasan korupsi.

“PAN tetap akan konsisten mendorong para caleg yang tidak punya latar belakang sebagai napi korupsi,” tegasnya.

PKPU itu digugat lewat MA, kemudian pada 13 September kemarin MA mengabulkan gugatan itu. Artinya, eks napi koruptor bakal diperbolehkan nyaleg. Selidik punya selidik, putusan MA itu tak berlaku otomatis.

Hal itu didasari Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2011 tentang Hak Uji Materiil pasal 8. Atas dasar pasal itu, KPU diberi waktu 90 hari oleh MA untuk memikirkan apakah melaksanakan putusan itu atau tidak.

Dengan demikian, Peraturan KPU (PKPU) yang melarang caleg eks koruptor masih berlaku hingga 90 hari ke depan.

Di sisi lain, penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) caleg adalah 20 September alias kurang dari 90 hari sejak putusan MA. Jika KPU tak melaksanakan putusan itu hingga 20 September mendatang, PKPU itu tetap berlaku, caleg eks koruptor tetap tak bisa nyaleg di Pemilu 2019.

“Ya jadi tidak ada maknanya untuk pemilu 2019. Maka apapun pelaksanaan dan teknisnya, kita tetap mendorong tidak mencalonkan caleg yang punya latar belakang korupsi, “tutup Eddy.**

 

Sumber: detik

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!