Salah Satu Orang Terkaya di Dunia, Temui Jokowi dan Janji Bantu RI

Diterbitkan Tanggal: 03 / 09 / 18

Kategori: | NUSANTARA, OTONOMI, TODAY |

RIAUEXPRESS, JAKARTA – Pendiri dan CEO Alibaba Group, Jack Ma, menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Kerja di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9) pagi.

Pertemuan tersebut bagian dari lawatan salah satu orang terkaya di dunia tersebut ke Indonesia sekaligus menghadiri acara penutupan Asian Games 2018, Minggu besok.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Usai pertemuan, Rudiantara menjelaskan, Jack Ma dan Jokowi tidak sekadar membahas masalah bisnis.

“Bagi Jack Ma pribadi, bisnis bukan lagi ukuran nomor 1 di Indonesia,” kata Rudiantara. Apalagi, lanjut dia, Jack Ma saat ini mempunyai peran sebagai penasihat atau Adviser bagi Steering Committee Peta Jalan E-commerce Indonesia.

Karena itulah, pertemuan Jokowi dan para menterinya dengan pemilik raksasa e-commerce asal Tiongkok itu membahas lebih dalam mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara ekosistem. Pengembangan SDM itu dari sisi talent, kapasitas pengambil kebijakan, hingga edukasi konsumen.

“Prioritas pengembangan talent tentunya untuk Indonesia, yang juga dikembangkan memasok ke negara-negara di regional,” ujar Rudiantara.

Selain itu, pertemuan Jokowi dengan Jack Ma juga membahas upaya meningkatkan ekspor Indonesia, yang salah satu caranya memanfaatkan ekosistem Alibaba Group. ”

Besok (Minggu), beberapa menteri akan bertemu Jack Ma untuk menindaklanjuti lebih rinci pembahasan tersebut.”

Selain bertemu Jokowi dan para menteri, rencananya Jack Ma akan menghadiri acara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (2/8). Kehadirannya tersebut merupakan bentuk apresiasi Alibaba atas Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang, serta dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok.

Seperti diketahui, Jack Ma lahir dan besar di Hangzhou. Di kota itu pula ia mendirikan Alibaba yang kini telah beroperasi di 200 negara. Pria berusia 54 tahun itu akan menjadi salah satu orang terkaya yang duduk di kursi penonton di GBK. Forbes mencatat total harta kekayaan Jack Ma saat ini mencapai US$ 38,7 miliar atau setara Rp 570 triliun.**

 

Sumber: katadata

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!