Tabligh Akbar: UAS di Meranti, Dikerumuni Ribuan Warga

Diterbitkan Tanggal: 15 / 08 / 18

Kategori: | Meranti, RELIGIUS, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Nama Ustadz Abdul Somad Lc MA (UAS) sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia apalagi bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang sangat kental dengan nuansa islami, kerinduan akan hadirnya Ustadz sejuta umat itu benar benar dinanti, seolah tak ingin menyianyiakan kesempatan untuk bertatapan langsung dengan UAS di acara Tablig Akbar, ribuan warga Meranti padati Halaman Kantor Bupati, Minggu malam (12/08/18).

Dari pantauan media, sejak pukul 18.00 Wib, jelang Sholat Magrib satu persatu warga mulai berdatangan menuju halaman kantor Bupati Meranti untuk melihat Datuk Sri Ulama Setia Negara H. Abdul Somad Lc MA yan akan tampil dalam Tablig Akbar sempena HUT RI Ke-73 di Kota Sagu. Dan puncaknya tepat pukul 20.15 Wib Ustad yang sempat digadang-gadangkan menjadi Cawapres Prabowo hasil Idjtima ulama itu tiba dilokasi acara.

Dalam Tablig Akbar yang mengambil tema “Mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan berbagi antar sesama” itu, tampak dihadiri ribuan warga mulai dari anak anak, maupun tua dan muda yang tak beranjak dari tempat duduknya hingga acara selesai.

Dalam kegiatan Syiar Islam bersama UAS, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran UAS untuk kedua kalinya di Kepulauan Meranti, diakuinya UAS sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Meranti karena seperti diakui Abdul Somad video ceramahnya yang pertama kali di upload di Youtube diambil di Masjid Darul Ulum, Selatpanjang pada tahun 2012 lalu.

“Terima kasih kepada Datuk Sri Ulama Setia Negara yang telah hadir ditengah tengah masyarakat Meranti,” ucap Bupati.

Pada kesempatan itu tak lupa Bupati Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menjaga keamanan, ketertiban serta keselamatan Ustadz UAS. Seraya meminta mendoakan UAS agar dapat selalu memberikan yang terbaik bagi umat islam di Indonesia.

Sementara itu Ustadz H. Abdul Somad, mengawali ceramahnya yang padat penuh makna, namun tidak membosankan karena diselingi dengan guyonan ringan ciri khas UAS mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Meranti yang telah memberikan penghargaan begitu besar kepada ulama yang menyampaikan ayat ayat Allah.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah menghargai ulama yang telah menyampaikan ayat ayat Allah,” ucapnya.

Dalam tausiahnya, Ustad H. Abdul Somad mewanti wanti orang tua untuk lebih mengawasi dan mengontrol anaknya sejak dini sehingga ketika dewasa nanti tidak terjerumus pada hal negatif dan berguna bagi orang tua, bangsa dan agama

Salah satu yang diingatkan UAS adalah mengawasi anak dari bahaya Narkoba, menurutnya sebagai orang tua jangan hanya menyerahkan penyalahgunaan narkoba kepada polisi yang terpenting adalah pengawasan dari orang tua sendiri pada anaknya.

“Jangan sampai negeri Sagu menjadi negeri Shabu, jangan salahkan polisi karena jumlah polisi tidak seimbang, untuk itu saya mengajak masyarakat untuk sama sama menjaga dan mengawasi anak anak dari bahaya Narkoba,” paparnya.

Mengawasi anak menjadi baik dikatakan UAS adalah kewajiban dari orang tua, yang akan dipertanggungjawabkan diakhirat nanti. Untuk itu kepada orang tua UAS berpesan kontrol makanan, minumam, pakaian dan pergaulan anak karena jika tidak bukan tidak mungkin anak akan terjerumus. Lebih bahaya lagi jika generasi muda yang dulunya pencandu Narkoba menjadi pemimpin maka kehancuranlah yang akan datang bagi negeri.

“Jika orang tua tidak mengotrol anaknya maka anak akan menjadi hantu. Dan ini akan dipertangungjawabkan diakhirat nanti,” ucapnya.

UAS juga mengingatkan orang tua untuk menjaga anak dari segala hal yang merusak seperti narkoba, seks bebas, judi, ditegaskannya jangan sampai akibat kelalaian justru menjerumuskan anak kehal yang merusak.

Hal selanjutnya yang diingatkan UAS adalah perbanyak menyumbang dan sedekah yang diperuntukan untuk kemaslahatan umat seperti pembangunan Pesantren Darul Fikri Banglas yang sebentar lagi akan dilakukan peletakan batu pertama oleh UAS, dikatakannya untuk  inadah ini pahalanya akan terus mengalir hingga akhirat.

Bagi yang telah diberi amanat UAS meminta untuk menunaikan kewajibanya dengan baik sesuai janji yang telah diucapkan.

“Semua akan ditanya tentang tanggungjawabnya maka tunaikan segala kewajiban sesuai  janji yang diucapkan,” himbau UAS.

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si beserta istri Hj. Nirwana Irwan, Wakil Bupati H. Said Hasyim beserta istri Hj. Syamsiar SE, Direktur Utama BPJS Pusat Fahmi Idris, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Ketua LAM Meranti H. Muzamil, Pensehat LAM H. Ridwan Hasan, Ketua MUI H. Mustafa, Ka. Kemenag Meranti H. Darwison MAg, Ketua IDI, Ketua Perhimpunan Rumah Sakit, Ketua Lembaga Penyiaran, Mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar, Mantan Bupati Rohul H. Ahmad, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis dan jajaran Pemda Meranti, Kapolres Meranti AKBP La Ode Proyek, Ketua Yayasan Fitra Madani Ustadz Ahmad Fauzy, 180 orang dokter IDI, Tokoh Agama/Adat/Masyarakat dan ribuan warga yang memadari halaman kantor Bupati Meranti.

Dalam Tablig Akbar itu juga dilakukan penyerahan cendera mata dari Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si kepada Ustadz H. Abdul Somad, IDI, Ketua BPJS, selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan dana dan Infaq dari IDI kepada Yayasan Fitra Madani sebesar 159 Juta Rupiah untuk pembangunan Pesantren Darul Fikri.

Diinformasikan juga selain memberikan tausiah dalam Tablig Akbar, UAS juga akan hadir pada sholat subuh berjamaah Senin Subuh (13/8/2018), yang dilanjutkan dengan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Darul Fikri Desa Banglas.**

 

Laporan: Martin Raigon. S

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!