Gugatan Masyarakat Rupat Pada PT. MMJ, Mahasiswa Gelar Orasi ke PN Bengkalis

Diterbitkan Tanggal: 18 / 07 / 18

Kategori: | Bengkalis, KOMUNITAS, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Mahasiswa Gerakan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Bengkalis (IPMKB) melakukan aksi unjukrasa di Kantor Pengadilan Negeri Bengkalis, jalan Karimun Bengkalis, Selasa (17/07/18).

Kordinator lapangan Hangki Saputra dan Subari, Aksi damai tersebut bertujuan mengawal proses persidangan terkait perkara perdata di PN Bengkalis yang diajukan oleh 5 kelompok tani Rupat terhadap PT Marita Makmur Jaya (MMJ).

Di PN tersebut, para mahasiswa diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno yang didampingi kasat Sabhara Polres Bengkalis dan puluhan personil.

Tuntutan yang disampaikan terkait dengan aksi unjukrasa oleh PT MMJ yang beroprasi di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis tersebut, terkait bagi hasil plasma dan diduga PT MMJ juga menyerobot lahan masyarakat.

Subari ketua Kordinator aksi demo menyampaikan bahwa, mengatasnamakan dari IPMKB, unjukrasa ini murni tidak ada yang menunggangi kami.

“Unjukrasa ini, kita mau pengadilan Negeri Bengkalis, itu harus bersipat adil memutuskan sesuatu perkara, agar memberikan hak rakyat maka semua akan selesai,”ungkap Subari.

Diungkapkan Subari lagi, silahkan dengan adanya perjanjian perjanjian itu agar menemui pihak Hakim PN Bengkalis.

“Perkara ini, tentang adanya PT Marita Makmur Jaya di pulau Rupat. Untuk kelanjutan masalah ini harus berbicara soal perdata,”ujarnya.

“Tuntutan kami, hanya berikan hak masyarakat maka akan selesai masalah ini semuanya. Karena hak masyarakat hingga saat ini belum ada terberi,”kesalnya lagi dihadapan Ketua PN Bengkalis DR Sutarno.

Sementara Ketua PN Bengkalis saat menanggapi aksi Demo tersebut sangat menyambut baik apa yang jadi aspirasi para mahasiswa ini.

“Saya sebagai pimpinan di PN Bengkalis mengapresiasi aksi rekan rekan mahasiswa ini,  aksi ini akan saya sampaikan ke ketua majelis hakim dan anggotanya yang menangani perkara ini. Bahwa perkara yang ditangani ini menjadi perhatian publik, “terangnya.

Dari pantauan dilapangan, sekitar pukul 11.52 Wib, aksi unjukrasa di depan kantor PN Bengkalis selesai dan melanjutkan ke Kantor DPRD Bengkalis jalan Antara.

Disamping itu, setibanya di Kantor DPRD Bengkalis pada pukul 12.20 Wib, massa aksi masuk keruangan sidang paripurna, namun disana tidak ada satupun anggota Dewan dilokasi Unras.

“Kita akan melihat reaksi DPRD Bengkalis, apa reaksinya masalah ini tentunya DPR Bengkalis tau, macam mana kedepannya besok, “tambahnya.

Selain itu, Aksi unjukrasa itu, mendapat pengawalan dari aparat kepolisian, terlihat dilokasi Unras, Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika dan Kasat Shabara AKP Basuki beserta jajaran.**

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!