Jadikan Percontohan Peduli Sampah, Wabup Meranti Resmikan Bank Sampah

Diterbitkan Tanggal: 12 / 07 / 18

Kategori: | Meranti, OTONOMI, TODAY |

RIAUEXPRESS, MERANTI – Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Sad Hasyim melakukan Lounching Bank Sampah Percontohan Kelurahan Selatpanjang Barat, kegiatan dalam rangka menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kantor Lurah Selatpanjang, Kamis (12/07/18).

Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. Syamsuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Hendra Putra, Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si, Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsiar Said Hasyim, Para Lurah/Kades, RT dan RW, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Dawali dengan penyerahan sampah secara simbolis oleh Kepala Dinas LHK kepada Lurah Selatpanjang Barat, yang dilanjutkan Lounching Bank Sampah yang ditandai pemotonhan pita Gedung Bank Sampah oleh Ketua BKMT Meranti Hj.  Syamsiar Said Hasyim disaksika Wakil Bupati Meranti, Kepala Dinas LHK dan lainnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, mengucapkan apresiasi atas dicanangkannya Bank Sampah dalam upaya menanggulangi masalah sampah di Kepulauan Meranti.

“Semoga dengan adanya program ini mampu menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya, “ucap Wakil Bupati.

Dijelaskan Wabup, masalah sampah muncul akibat kebiasaan masyarakat yang tidak peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, padahal masalah sampah dan kebersihan lingkungan sangat mempengaruh diri dan kehidupan masyarakat. Jadi mulai detik ini Wakil Bupati meminta masyarakat meninggalkan kebiasaan buang sampah sembarangan yang seperti sudah membudaya.

“Jika ditanya pasti semua ingin hidup bersih, lingkungannya indah, sehat dan tidak mau buang sampah sebarangan, jadi mari sama-sama kita peduli terhadap kebersihan lingkungan masing masing, jangan lagi membuang sampah sembarangan, “ajaknya.

Untuk mengatasi masalah sampah menurut Wabup sangat sederhana yang pertama kesadaran masyarakat sendiri, kedua ada sistem yang mengatur kemana masyarakat mau membuang dan bagaimana cara membuangnya dan Bank Sampah merupakan solusi sistemnya.

Untuk berpartisipasi dalam program Bank Sampah, masyarakat tinggal memisahkan atau mengelompokan sampah mulai dari Sampah Basah, Sampah Plastik, Sampah Logam, Sampah Kayu dan kimia. Namun dari jenis sampah itu Bank Sampah hanya menerima jenis yang bisa didaur ulang seperti sampah yang terbuat dari plastik dan logam.

Dan untuk mengatasi masalah sampah ini yang tersulit menurut Wakil Bupati adalah bagaimana mamanage dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk masalah ini yang paling berperan besar adalah Camat dan Lurah karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Untuk menampung sampah yang saat ini banyak tertumpuk dibeberapa titik jalan protokol kota, pihak Dinas LHK telah menambahkan 5 kontainer yang diletakan ditempat pengumpulan sampah, selain itu juga pengadaan 5 motor kaisar untuk pengangkut sampah yang merupakan bantuan dari Bank Riau Kepri.**

 

Laporan: Martin Raigon. S

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!