Tak Jadi Dibangun Pabrik, Pemilik Lahan di Dumai Tuntut Perusahaan Kembalikan Surat Tanah

Diterbitkan Tanggal: 07 / 06 / 18

Kategori: | Dumai, HUKUM & KRIMINAL, TODAY |

RIAUEXPRESS, DUMAI – Persoalan pertanahan di Kelurahan Tanjung Penyembal semakin memanas, lahan masyarakat yang di kelola oleh PT Era Karya Jatayumas (EKJ) sejak tahun 2008, hingga kini surat tanah mereka, belum juga dikembalikan pihak PT. EKJ.

Terkait hal ini, salah satu warga pemilik lahan Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Zailani mendesak kepada Ketua Team Pembebas Lahan, untuk segera mengembalikan surat tanah yang dititipkan tersebut.

“Tapi, hingga kini surah lahan yang kami titipkan sejak tahun 2008 lalu, masih ditahan pihak PT. EKJ, “ujarnya, Kamis (07/06/18).

Dijelaskan, masyarakat disana tidak ada satupun yang menjual lahan kepada perusahaan, pihaknya juga belum menandatangani surat perjanjian yang dikeluarkan pihak Kelurahan dan Kecamatan.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada Ketua Tim Pembebasan Lahan, untuk mengembalikan surat tanah, sesuai pernyataan  perusahaan, bahwa apabila 6 bulan  tidak jadi dibangun pabrik, maka surat tanah dikembalikan pada yang bersangkutan, dan uang yang telah diserahkan dianggap hangus, “tambah Zailani.

Sementara itu, pihak Perusahaan, Johan, ketika dihubungi melalui telpon seluler tidak diangkatnya, sehingga sampai saat ini belum ada kejelasan soal surat lahan miik masyarakat yang dititipkan tersebut.

Saat itu, Ketua Team Pembebasan Lahan, M.Nuh ketika dikonfirmasi mengaku bahwa lahan milik masyarakat tersebut, dititipkan ke Perusahaan, sesuai surat yang telah ditandatanganinya.

Sejauh ini, pantauan di lapangan, sejumlah masyarakat yang merasa memilik lahan tersebut, sudah memasang patok sempadan (batas) kepemilikan, yang awalnya lahan tersebut akan dibangun sebuah pabrik, namun hingga kini terbengkalai.**

 

Laporan: Rosali

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!