Plt Bupati Rohil Pimpin Apel Harkitnas

Diterbitkan Tanggal: 22 / 05 / 18

Kategori: | Rohil, TODAY |

RIAUEXPRESS, BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) menyelenggarakan apel memperingati Hari Kebangkitan Nasional, berlansung di lapangan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan, dan Aset (BPKAD) Jalan Merdeka, Senin (21/05/18).

Apel dipimpin lansung oleh Plt.Bupati Rohil Drs. H. Jamiludin. Hadir mengikuti apel tersebut para pimpinan Forkompinda dilingkungan Pemda Kabupaten Rohil, para kepala Organisasi perangkat daerah (OPD), TNI-Polri, para Ormas, para guru, para siswa, serta undangan lainya.

Peringatan Harkitnas ke 110 Tahun 2018 ini mengakat tema ” Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi  Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”.

Plt. Bupati Rohil Drs.H.Jamiludin yang membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Rudiantara mengajak masyarakat untuk lebih memaknai Harkitnas.

Dalam kata sambutan, dia menyebut, ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, Lebih dari seabad lalu, bangsa ini nyaris tidak punya apa-apa.

“Saat itu, kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan bersatu dalam cita-cita yang sama, “ujarnya.

Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertamakali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno.

Pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 1952 mengatakan bahwa “Pada Hari Itu Kita Mulai Memasuki Satu Cara Baru Untuk Melaksanakan Satu Ide,Satu Naluri Pokok Dari Pada Bangsa Indonesia. Naluri Pokok Ingin Hidup Berharkat Sebagai Manusia dan Sebagai Bangksa, Cara Baru Itu Ialah Cara Mengejar Sesuatu Maksud Dengan Alat Organisasi Politik, Cara Berjuang Dengan Perserikatan dan Perhimpunan Politik, Cara Berjuang Dengan Tenaga Persatuan.”

“Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rendungan kepapaan pun.Kita telah mampu menghasilkan enegi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia, “ujar Jamiludin saat membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Pantauan media ini saat pelaksanaan apel, Ratusan peserta upacara terlihat khidmat dalam mengikuti rangkaian upacara. Upacara di mulai dengan pengibaran bendera merah putih oleh tim Paskibra Rokan Hilir. Sebagai Irup, Plt.Bupati Rohil Drs.H.Jamiludin membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.**

 

Laporan: Suprianto

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!