Wajib Baca: Sidang Dramatis di PN Bengkalis, Agenda Putusan 4 Terdakwa Barang Bukti Sabu 2,9 Kg

Diterbitkan Tanggal: 24 / 04 / 18

Kategori: | Bengkalis, NARKOBA, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Ada hal yang menarik dalam sidang dengan agenda Putusan di Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Zia Ul Jannah, SH dan dua anggota Wimmi D. Simarmata, SH, serta Aulia Fhatma Widhola, SH, Selasa (24/04/18) siang tadi.

Karena, meskipun terdakwa menolak untuk dihadirkan Pendamping Hukum (PH), namun Majelis Hakim ini tidak terpengaruh sedikitpun dengan sikap dan penolakan terdakwa tersebut, lantaran ancaman hukuman terdakwa lebih dari 5 tahun penjara.

Baca juga:

Lo,,,di PN Bengkalis, Sabu 2 Kg, Dituntut 17 Tahun, Vonis 15 Tahun

Baca juga:

Usai Divonis 15 tahun Oleh Majelis Hakim PN Bengkalis, 2 Terpidana BB Sabu 2 kg “Tertawa” Saat Ditanyai Wartawan

Baca juga:

Soal PN Bengkalis Vonis 2 Terdakwa Sabu 2Kg Hanya 15 Tahun Penjara, Penyidik dan Jaksa Perlu Diperiksa di Internal Masing-masing

Sehingga, karena perkara yang ditanganinya tersebut tidak main-main dan supaya tidak melanggar HAM, maka dengan tegas Majelis Hakim ini tetap menghadirkan PH untuk terdakwa berasal dari Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM), yang telah standbay di PN Bengkalis, bernama Helmi Syafrizal.

Sidang yang ditangani Majelis Hakim dengan agenda putusan ini, berupa perkara narkoba jenis sabu dengan berat 2,9 Kg, terhadap 4 terdakwa, M. Rizal Di Rahman, Randa Arada, Syahrujan, dan yang terakhir Ramadhan.

Dari keempat terdakwa ini, M. Rizal Di Rahman divonis Majelis Hakim dengan hukuman penjara seumur hidup, yang putusan tersebut lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bengkalis, yang hanya selama 20 tahun penjara.

Sedangkan ketiga terdakwa, yakni Randa Arada, Syahrujan, dan Ramadhan, divonis Majelis Hakim dengan putusan 19 tahun penjara, yang lebih rendah dari tuntutan JPU, dengan tuntutan 20 tahun penjara.

Putusan Majelis Hakim terhadap terdakwa M. Rizal Di Rahman, yang berbeda jauh dengan tuntutan JPU hanya 20 tahun penjara itu, lantaran sesuai dengan hasil proses persidangan yang sudah berjalan, bahwa terdakwa M. Rizal Di Rahman itu, merupakan otak dari keberadaan narkoba jenis sabu 2,9 Kg tersebut.

Sedangkan ketiga terdakwa, yakni Randa Arada, Syahrujan, dan Ramadhan, diputus Majelis Hakim hanya 19 tahun penjara, yang lebih rendah dari tuntutan JPU 20 tahun penjara, lantaran ketiga terdakwa tersebut, hanya sebagai orang gajian (upahan) suruhan dari terdakwa M. Rizal Di Rahman.

Keempat orang terjerat narkoba jenis sabu ini dapat terkuak, setelah pihak Kepolisian Polres Bengkalis mengamankan mereka beserta sejumlah barang bukti beberapa bulan lalu, di Kecamatan Pinggir. Meraka ketahuan membawa narkoba jenis sabu seberat 2,9 Kg, yang sengaja dijemput dari Kota Dumai.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!