Tinjau UN Tingkat SMP di Bengkalis dan Bantan, Sekda Bilang Tak ada Kendala

Diterbitkan Tanggal: 23 / 04 / 18

Kategori: | Bengkalis, PENDIDIKAN, TODAY |

Lokasi SMPN 1 Bengkalis

 

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Mulai Senin, 23 April 2018 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan dua cara, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Di Kabupaten Bengkalis tercatat 11. 740 siswa yang mengukuti UN, dari 153 sekolah dan dari jumlah tersebut, sembilan sekolah menggunakan sistem UNBK selebihnya UNKP.

Pelaksanaan UN hari pertama di Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan, dilakukan peninjauan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami HY dan didampingi pejabat lainnya.

Kunjungan Sekda dimulai dari SMPN 1 Bengkalis yang pada tahun ini pertama melaksanakan UNBK, kunjungan juga di lakukan salah satu SMP Swasta Maitrea Bengkalis dan SMPN 1 Bantan Kecamatan Bantan.

Sekda Bustami HY menyebutkan bahwa, untuk hari pertama pelaksanaan UN tidak ada hambatan. Dan dari beberapa sekolah yang dikunjungi terutama yang melaksanakan UNBK pada hari pertama berjalan lancar.

“kita melihat pelaksanaan UN hari ini berjalan sebagaimana harapan, meskipun sejumlah sekolah yang menggunakan UNBK masih banyak kekurangan fasilitas tetapi tetap bisa dilaksanakan, “kata Sekda H. Bustami HY pada wartawan, Senin (23/04/18).

Dia menyebut, kalau menggunakan sistem UNBK yang penting dijaga kondisi listrik agar tetap stabil, dan juga jaringan internet, “keduanya ini faktor pendukung utama, “tambahnya.

Ketika disinggung masalah fasilitas Bustami menyebutkan memang masih kekurangan dan pada tahun ini di Kabupaten Bengkalis baru ada sembilan sekolah baik negeri maupun swasta.

“Kalau kedepan apabila keuangan daerah lancar kita akan tingkatkan jumlah sekolah yang menggunakan sistem UNBK, “terang Sekda.

Sekda berharap untuk anak anak yang mengikuti UN tidak perlu cemas dan tidak perlu ditakutkan, laksanakan dengan tenang.

“Kita berharap semuanya lulus dan bisa menyambung ke jenjang lebih tinggi, “ucap Sekda Bustami.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura melalui kasi Kurikulum SMP Mukhtar Sayuti menyebutkan Pelaksanaan UNKP hari ini juga berjalan lancar, Pendistribusian soal UNKP sudah dilakukan provinsi kedua titik di Bengkalis. Satu titik di Polres Bengkalis untuk tujuh kecamatan dan di Polsek Mandau untuk empat kecamatan.

“Pelaksanaan UN berlangsung selama 3 hari yakni dari 23 s/d 25 April 2018, mata pelajar UN diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. “kata Mukhtar Sayuti.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!