Ada Dugaan “Money Politic” di Pilgubri, Gakkumdu Kab. Bengkalis Sedang Lakukan Penyelidikan

Diterbitkan Tanggal: 23 / 04 / 18

Kategori: | Bengkalis, HUKUM & KRIMINAL, TODAY |

Ilustrasi

 

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Bengkalis saat ini sedang melakukan penyelidikan dan mendalami adanya dugaan politik uang (money-politic) kampanye yang dilakukan salah satu pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Riau, di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Jum’at (13/04/18) lalu.

“Saat ini kami Panwaslu dan Sentra Gakkumdu fokus lakukan pendalaman adanya dugaan tindak pidana politik uang salah satu Paslon Pilgubri ketika melakukan kegiatan kampanye di Rupat pada Jum’at (13/04/18) lalu, “ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Bengkalis, Mukhlasin, Senin (23/4/18).

Sambung pria yang akrab disapa Mukhlas ini, pihaknya masih mendalami sejauh mana dugaan tersebut dan melakukan klarifikasi. Hingga hari ini, sudah memanggil 7 saksi yang dipanggil untuk dimintai keterangan, diantaranya Panwas desa, kecamatan, penerima uang, staf Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kader salah satu partai politik (Parpol).

Selain temuan dugaan tim kampanye membagi-bagikan uang dengan istilah transportasi, dan sembako kepada masyarakat. Di lokasi yang sama juga digelar sosialisasi atau reses seorang Anggota DPRD Bengkalis.

Panwas juga menemukan barang bukti (BB) berupa, foto dokumentasi, sejumlah uang, dan juga bahan kampanye Paslon Pilgubri bersangkutan.

“Sentra Gakkumdu sudah memanggil 7 orang untuk dimintai keterangan. Kita paling lambat hari Rabu ini kemungkinannya sudah ada keputusan, apakah pidana politik uang atau tidak, “katanya lagi.

Ditambahkan Mukhlas, Panwas dan Gakkumdu sudah menangani 3 temuan, bukan laporan diantaranya temuan dugaan netralitas ASN, dan aparatur desa. Temuan ini juga sudah diterbitkan rekomendasi sesuai dengan status temuan tersebut berupa administrasi.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!