Kapal Bendera Taiwan Yang Diamankan BC Bengkalis di Rangsang, Ternyata Kapal “Nyasar”

Diterbitkan Tanggal: 17 / 04 / 18

Kategori: | HUKUM & KRIMINAL, Meranti, TODAY |

RIAUEXPRESS, SELATPANJANG – Kapal dengan seri DA WEI N0. 13 dengan BJ 4649, yang sempat diamankan untuk dilakukan pemeriksaa pihak Bea Cukai Bengkalis di Dermaga Pelindo I Selatpanjang, ternyata nahkodanya tidak sadar, bila sudah masuk wilayah perairan Indonesia.

Demikian yang disampaikan Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis, Mohammad Munif, bahwa setelah melakukan pemeriksaan terhadap 7 anak buah kapal (ABK), terdiri dari 2 orang asal Taiwan dan 5 orang (WNI) tersebut, Kapal iru baru selesai melakukan aktivitas pencarian ikan di Mauritius, Afrika.

“Mereka ini bermaksud menuju ke Singapura untuk nge-Dock, sekaligus mengisi minyak untuk menuju Taiwan. Karena menurut pengakuan Kapten, kapal tersebut sudah hampir 1 bulan berlayar, “ujarnya, Selasa (17/04/18).

Jadi, lanjutnya, dari hasil pengakuan mereka, tanpa sadar saat berlayar sudah melewati batas perairan Internasional dan masuk ke wilayah perairan Indonesia.

“Sehingga, setelah kita melakukan koordinasikan ke Dirjen Bea Cukai Pusat, kita diarahkan untuk mengamankan dan melakukan pemeriksaan, dan ini berupakan patroli rutin, yang bukan merupakan tangkapan, “terangnya lagi.

Sebelumnya, Petugas BC Bengkalis, mengamankan kapal asing berbendera Taiwan di perairan Pulau Rangsang, Kabupaten Bengkalis, Minggu (15/04/18) sekitar pukul 18.00 WIB.

Selain kapal asing, turut diamankan tujuh anak buah kapal (ABK), terdiri dari dua orang asal Taiwan dan lima orang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).**

 

Penulis: Martin Raigon. S

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!