Pileg 2019: Meski Terjadi Pemekaran Kecamatan, Kabupaten Bengkalis Tetap Masih 6 Dapil

Diterbitkan Tanggal: 12 / 04 / 18

Kategori: | Bengkalis, POLITIK, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Bengkalis untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang dibagi dalam 6 zona wilayah Bengkalis. Sama persis dengan Dapil Pemilu pada 2014 silam hanya terjadi perubahan nama Dapil karena pemekaran Kecamatan.

Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 267/2018 tentang Penetapan Dapil tertanggal 4 April 2018 lalu, bahwa Dapil 2019 di Kabupaten Bengkalis terdiri dari Dapil 1 (meliputi Kecamatan Bengkalis dan  Bantan) alokasi 10 kursi, Dapil Bengkalis 2 (Bukitbatu, Siakkecil, dan Bandar Lasksamana) alokasi 5 kursi, Bengkalis 3 (meliputi Kecamatan Pinggir, dan Talang Muandau) alokasi 7 kursi,

Bengkalis 4 (meliputi Kecamatan Mandau) alokasi 12 kursi, Bengkalis 5 (Kecamatan Bathin Solapan) alokasi 7 kursi, dan Bengkalis 6 (meliputi wilayah Kecamatan Rupat, dan Rupat Utara) alokasi 4 kursi. Total kursi 45 orang.

“Ini merupakan hasil keputusan KPU RI, yang sudah ditetapkan 4 April lalu, sama persis dengan Dapil pada Pemilu 2014 lalu, “ungkap Komisioner KPU Bidang Teknis Pemilu Kabupaten Bengkalis, Suib Usman, Kamis (12/04/18).

Pada Pemilu 2014 silam, khusus untuk Kecamatan Mandau sebelum pemekaran, Dapil dibagi menjadi dua, Mandau A dan Mandau B. Nah, dengan adanya pemekaran kecamatan, yakni Kecamatan Bathin Solapan, Mandau A dan Mandau B tidak digunakan, diganti dengan Dapil Bengkalis 4 (Kecamatan Mandau), dan Bengkalis 5 (Kecamatan Bathin Solapan).

“Sebelumnya ada Mandau A atau Mandau B, dengan adanya pemekaran Kecamatan, Dapil diganti dengan nama kecamatan, hal ini tidak menjadi kendala,” kata pria yang akrab disapa Suib ini.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!