Plt Bupati Rohil Buka Acara Launching Aplikasi e-Planning

Diterbitkan Tanggal: 21 / 03 / 18

Kategori: | PELAYANAN, Rohil, TODAY |

RIAUEXPRESS, BAGANSIAPIAPI – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan RKPD tahun 2019 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) digelar di Gedung Serba Guna “Misran Rais” jalan Utama Bagansiapiapi, Selasa (20/03/18).

Musrenbang ini bertemakan ‘Melanjutkan Pembangunan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Sentra Produksi’.

Hadir saat itu Plt Bupati Rohil, Jamiludin, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Setdakab Rohil Surya Arfan, Kepala Bappeda Rohil H.M Job Kurniawan, mewakili Bappeda Provinsi Riau Devrison.

Selian itu, juga dari anggota DPRD Rohil di antaranya Wakil Kketua DPRD Rohil Abdul Kosim, Wakil Ketua DPRD Rohil Syafruddin, aleg (anggota legislatif) Darwis Syam, aleg Hendra, aleg Bachid Madjied, aleg Habib Nur, aleg Hj Suryati, ketua Koni Asrul M Noor (mantan setdakab Rohil), Kepala OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Rohil.

Juga perwakilan ormas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, Kapolsek Bangko, camat se-Rohil, instansi dan Forkopimda di lingkungan Pemda Kabupaten Rohil.

Musrenbang ini secara resmi dibuka oleh Plt Bupati Rohil Drs H.Jamiludin yang sekaligus me-launching aplikasi E-Planning dan Rokan Hilir Satu Peta.

Ketua Panitia Pelaksana HM Job Kurniawan menjelaskan Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka menyusun RKPD 2019 untuk menyelaraskan program antara Pemda Kabupaten Rokan Hilir dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Musrenbang ini sebagai evaluasi pada tahun 2017 dan prioritas rencana program kerja dengan pemprov dalam rangka RKPD di antaranya, melaksanakan konsolidasi publik yang telah diselenggarakan pada 1 Pebruari 2018 lalu.

Kemudian dilaksanakannya Musrenbang kecamatan dari tanggal 13 hingga 24 Februari 2018 kemarin. Kemudian Forum OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang dilaksanakan di masing-masing OPD pada tanggal 26 Maret 2018.

RKPD Tahun 2019 ini menuju visi Rohil 2020 dengan isu strategis pembangunan yang berkembang. Kemudian untuk misi selanjutnya yakni melanjutkan ekonomi masyarakat melalui penguatan sentra produksi.

“Dalam kesempatan ini kami mohon plt Bupati Rohil, Jamiludin me-launching aplikasi e-Planning dan Rokan hilir Satu Peta,” tutur H.M.Job Kurniawan.

Sementara itu, Plt Bupati Rokan Hilir (Rohil) Jamiluddin dalam arahannya menjelaskannya bahwa musrenbang saat ini sudah berbeda dari musrenbang pada tahun sebelumnya.

Karena musrenbang ketika dirinya sebagai wakil ketua DPRD Rohil terlentas isu ‘musrenbang aja yang ada namunh asilnya tak ada masuk ke APBD’.

Kali ini, dilanjutkannya, regulasi presiden Jokowi mengharuskan hasil musrenbang ini di gunakan sebagai dasar APBD. Oleh sebab itu, jika tidak dibahas pada musrenbang maka tidak akan ada terealisasi di APBD. Begitu juga dana ADD (anggaran Dana Desa).

“Makanya atas kesadarannya dapat mengikuti Musrenbang ini secara seksama sehingga usulannya dapat terpenuhi di APBD. Mudah-mudahan juga dengan musrenbang ini, dapat terealisasi usulan dari pemdakab Rohil untuk dana Provinsi Riau,” ujar Jamiludin.

Selanjutnya plt Bupati Rohil Jamiludin didampingi ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Kapolsek Bangko, muspida, instansi dan perwakilan provinsi Riau me-launching aplikasi e-Planning dan Rohil Satu Peta.

Launching ini di tandai dengan memencet bel dan terbukalah aplikasi tersebut di layar lebar dan layar komputer. Kemudian dijelaskan oleh kepala Bappeda Rohil H.M Job Kurniawan tentang aplikasi yang baru saja dilaunching tersebut.

Selanjutnya dilakukan pemberian saling tukar cendera mata dari pihak provinsi Riau dengan pemdakab Rokan Hilir. Pemprov Riau memberikan peta kepada plt Bupati Rohil Jamiludin sedangkan plt Bupati Rohil jamiludin memberikan replika kantor bupati Rohil kepada perwakilan provinsi Riau Devrison.

“Terima kasih pada saat ini saya dapat me launching aplikasi e-Planning dan Rokan Hilir, “pungkasnya.**

 

Penulis: Suprianto

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!