Libatkan Berbagai Elemen, DMI Rohil Gelar Rakerda ke 1

Diterbitkan Tanggal: 12 / 03 / 18

Kategori: | KOMUNITAS, RELIGIUS, TODAY |

RIAUEXPRESS, ROHIL – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar acara rapat kerja daerah (Rakerda) I dengan pengurus Kecamatan sekaligus menjalin silaturrahmi dengan pengurus Masjid se-Kabupaten Rohil di gedung serba guna Jalan Utama Bagansiapiapi, Sabtu (10/03/18).

Rakerda I DMI Rohil ini dibuka Plt Asisten III bidang administrasi umum, Muzakkar dihadiri Ketua PW. DMI Propinsi Riau, Dr.H Masyhuri Putra,Lc MA Ketua KAHMI Rohil, Ir Amirudin, Ketua Organisasi Islam, tokoh Agama, komisioner Baznas Rohil, ketua dan pengurus Masjid se-Rohil serta undanganlainnya.

Plt Asisten III Sekdakab Rohil Muzakkar mengharapkan dengan diadakannya rapat kerja DMI Kabupaten Rohil ini dapat lebih mengakomodir seluruh pengurus masjid yang ada di Rohil dengan membuat program yang lebih menyentuh kepada pengurus masjid di Kecamatan.

“Diharapkan DMI Rohil dalam meningkatkan kesejahteraan pengurus Masjid Kecamatan dapat mengusulkan honor pengurus Masjid ke Pemkab Rohil, itu namanya Masjid paripurna, jika honornya ada tetap tentu kewajibannya ada dan ini baru wacana jika disetujui,” kata Muzakkar.

Lanjutnya, ia juga berharap pengurus DMI Rohil dapat membuat program  yang menyentuh langsung kepada pengurus Masjid Kecamatan, agar tidak terjadi perselisihan antar pengurus,” pintanya.

Ketua DMI Kabupaten Rokan Hilir, H Wazirwan Yunus saat dikonfirmasi terkait Rakerda I menyampaikan bahwa Dewan Mesjid Indonesia Rokan Hilir saat ini sedang menyusun beberapa Program diantaranya melakukan pengobatan rukiyah secara massal dari Masjid ke Masjid, magrib mengaji, koperasi Barokah DMI Rohil, wisata rejelius dengan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho dan lainnya.

“Ini dalam rangka menindak lanjuti program kerja dari DMI Pusat, pertama melakukan pengobatan islami dengan rukiyah secara massal dari masjid ke masjid, magrib mengaji dan membentuk koperasi dalam rangka membangkitkan ekonomi umat,” kata Wazirwan Yunus.

Lanjutnya, untuk program koperasi nantinya akan di kelola koperasi Barokah DMI Rohil, nanti DMI akan mencoba mensuplai beras ke Masjid- masjid di Kecamatan. Selain itu DMI Rohil sudah memiliki mobil akustik Masjid yang nantinya tim akan melakukan perbaikan terhadap sound system disetiap masjid,” jelasnya.

Wazirwan juga menyampaikan akan mengupayakan pembangunan wisata relizi di Kabupaten Rokan Hilir dengan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho yang sudah lama diwacanakan.

Selain itu, Ia juga mengharapkan Pemkab maupun DPRD Rohil dapat merealisasikan usulan DMI Rohil untuk memberikan honor kepada pengurus Masjid Raya Kecamatan, agar ada tanggung jawab bagi pengurus dalam rangka memakmurkan masjid.

“Dalam raker nanti agan dibahas bagai mana pengurus Masjid Raya yang ada di 18 Kecamatan itu diberikan honornya, minimal 3 orang diantaranya Imam, Muazin dan cleaning sercice. Hal ini bertujuan agar ada semangat dalam rangka percepatan memakmurkan masjid, “harapnya.**

 

Penulis: Suprianto

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!