Ngakak Saksikan Orangutan Merokok di Kebun Binatang, Tapi Tuai Kritik Dunia

Diterbitkan Tanggal: 09 / 03 / 18

Kategori: | NUSANTARA, PARIWISATA, TODAY |

Foto: detik

 

RIAUEXPRESS, JAKARTA – Video yang menunjukkan seekor orangutan tengah merokok membuat marah para aktivis pelindung binatang. Pemerintah Indonesia dinilai lamban dalam upaya melindungi dan memberi hidup layak hewan di kebun binatang.
Dalam video, yang direkam pada hari Minggu (04/03/18), tampak seorang pemuda melemparkan rokok yang baru dihisap setengah ke dalam kandang orangutan di Kebun Binatang Bandung. Seekor orangutan memungut puntung rokok yang masih menyala itu dan menghisapnya, diiringi tawa para pengunjung kebun binatang.

Aktivis pelindung binatang Marison Guciano mengatakan, Rabu (07/03/18), bahwa insiden ini merupakan bukti lebih jauh, mengenai kurangnya pengawsan di Kebun Binatang Bandung. Ditambahkannya, apa yang dilakukan pria tersebut merupakan satu kejahatan yang bisa dihukum. Namun ditegaskannya, pihak kebun binatanglah yang terutama bertanggungjawab atas “keteledoran pengawasan terhadap pengunjung”.

Juru bicara Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi’l mangatakan bahwa pihaknya menyesalkan insiden tersebut, dan telah melaporkan insiden ini kepada kepolisian. Ia menambahkan, pengelola kebun binatang akan mengambil langkah perbaikan untuk memperketat pengawasan, seperti menambah penjaga kandang.

Kondisi kebun binatang menyedihkan

Aktivis Marison Guciano menyatakan lebih lanjut, kondisi kebun binatang di Indonesia yang kebanyakan di bawah standar umum yang berlaku, adalah akibat lambannya tindakan pemerintah dalam meningkatkan “kesejahteraan” satwa. “Sangat prihatin sekali saya minta pemerintah membuat standar kesejahteraan satwa di kebun binatang,” dikatakan Marison Guciano.

Perlakuan Bonbin Bandung terhadap hewan peliharaannya berulangkali menjadi sorotan internasional. Tahun 2016 lalu, tayangan dua video yang menunjukkan kondisi mengenaskan beruang madu di bonbin Bandung mengagetkan dunia. Dalam tayangan video pertama terlihat bagaimana beruang-beruang penghuni Kebun Binatang Bandung “mengemis” makanan pada para pengunjung.

Sementara dalam video lainnya, tampak seekor beruang yang kurus tengah memakan kotorannya sendiri. Bonbin Bandung sempat ditutup sementara, akibat kasus matinya seekor gajah Sumatra. Gajah itu sebelumnya dilaporkan dibiarkan sekarat selama seminggu dan di tubuhnya banyak bekas luka.**Red.

 

 

Sumber: detik

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!