Ruko di Selatpanjang Banyak Belum Kantongi Izin, Diminta Untuk Segera Urus IMB

Diterbitkan Tanggal: 06 / 03 / 18

Kategori: | HUKUM & KRIMINAL, Meranti, TODAY |

RIAUEXPRESS, MERANTI – Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPT-SP) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Irmansyah MSi, menghimbau untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terlebih dahulu, apabila hendak mendirikan Rumah dan Toko (Ruko).

Bagi pengusaha yang ingin mendirikan Ruko, atau jenis bangunan lainnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, harus mentaati peraturan yang berlaku, dengan mengurus perizinan IMB dan lainnya, “ujarnya kepada RiauExpress di ruang kerjanya, Senin (05/03/18).

Dijelaskan, ada beberapa bangunan pergudangan maupun ruko yang tidak memiliki izin IMB yang ada di Kota Selatpanjang, sehingga diminta bagi seluruh pengusaha yang punya bangunan tersebut, untuk segera mengurus perizinannya.

“Sebenarnya, sebelum mendapatkan IMB, setiap rencana bangunan harus mendapat rekomindasi terlebih dahulu dari Tim Teknis Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk menentukan layak tidaknya lokasi tersebut ada bangunan usaha, sesuai Peraturan Daerah (Perda). “ungkap dia.

Dia juga menyampaikan, bagi masyarakat atau pengusaha yang akan membangun Ruko di pinggir jalan besar, diiwajibkan untuk mengurus IMB. Apabila tidak, maka akan merugikan diri sendiri nantinya.

“Dalam waktu dekat, secara bertahap, kita bersama Dinas terkait akan melakukan sosialisasi ke masyarakat, terkait perizinan gudang sampai bagaimana untuk mengurus IMB, supaya masyarakat yang punya bangunan usaha tetap mengikuti peraturan yang berlaku, “tambah Irmansyah.

Dia juga menghimbau, apabila mengurus izin bangunan agar tidak memakai calo, namun diurus sendiri. “Apabila ada anggota yang melakukan pungutan liar (pungli), laporkan ke saya untuk kita kenakan sanksi, dan akan saya proses sendiri, “tegasnya.**

 

Penulis: Martin Raigon. S

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!