LIPUN Tak Sependapat Ada Rekom Camat Dalam Proses Termin Proyek, ini Alasannya,,,

Diterbitkan Tanggal: 10 / 02 / 18

Kategori: | Bengkalis, OTONOMI, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Wacana Bupati Bengkalis Amril Mukminin, untuk mengikutsertakan para camat dalam proses penterminan proyek, dengan meng SK kan mereka, diminta untuk mengurungkan niatnya.

Permintaan ini disampaikan Sekretaris BAK-LIPUN, Wan M. Sabri, bahwa dia menyebut, dengan adanya niat Bupati itu, sebaiknya tidak usah dilakukan, lantaran hanya akan menambah berbelit-belitnya birokrasi.

‘Seharusnya Bupati cukup memantau pekerjaan dengan memksimalkan kinerja Konsultan Pengawas, yang selama ini kita nilai mereka itu, hanya dijadikan pelengkap saja. Sehingga mengakibatkan pekerjaan tidak maksimal, dan juga Direksi harus di bentuk PPTK setiap proyek yang dikerjakan, “ujarnya, Sabtu (10/0e/18) malam.

Kalau soal Rekom Camat, tambah Wan, hanya memperpanjang birokrasi saja, dan bukan membuat pengawasan lebih efektif. Sedangkan Camat bersama Upt Dinas terkait, tetap wajib sama-sama mengawasi semua kegiatan diwilayahnya, tanpa harus ada SK Bupati.

“Seandainya Camat di SK kan Bupati untuk mengeluarkan rekomendasi termin proyek, saya berpendapat, akan menjadi lahan korupsi baru, dengan menambah dugaan pungutan liar ketika rekanan mengurus termin, “ungkap Wan lagi.

Karena saat itu, kebijakan tersebut pernah diterapkan zaman Bupati Syamsurizal, disana banyak terjadi keluhan pihak rekanan adanya pungli untuk mendapatkan rekom tersebut.

“Walaupun, pungli tersebut diduga dilakukan oleh oknum staf di Kecamatan, tapi ini bisa menambah deretan korupsi baru. Oleh karena itu, saya harap pak BUPATI jangan menerapkan usulan tersebut, “ujarnya.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!