Musrenbang Seluruh Kecamatan di Kab. Bengkalis Kini Telah Tuntas

Diterbitkan Tanggal: 08 / 02 / 18

Kategori: | Bengkalis, OTONOMI, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di 11 kecamatan yang berlangsung sejak 1 Februari 2018 lalu telah tuntas dilaksanakan. Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bandar Laksamana merupakan 2 kecamatan terakhir yang pada hari Kamis (8/2) melaksanakan Musrenbang.

“Musrenbang pada 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis telah kita laksanakan sejak tanggal 1 Februari 2018 lalu, dan hari ini (Kamis,red) merupakan hari terakhir, “ujar Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi, Rinto.

Dikatakan, ada dua kecamatan yang melaksanakan musrenbang pada hari terakhir yakni Kecamatan Bengkalis dan kecamatan Bandar Laksamana. musrenbang diikuti oleh anggota DPRD daerah pemilihan masing-masing, Perangkat Daerah se-Kabupaten Bengkalis, Kelurahan dan Desa serta tokoh masyarakat dari masing-masing kecamatan.

Dia katakan, berdasarkan hasil Musrenbang pada beberapa kecamatan, usulan masyarakat masih dominan disektor infrastruktur, kemudian pendidikan, kesehatan dan terakhir perekonomian secara umum. Ini terlihat dari rekapitulasi usulan dan hasil pembahasan yang dilakukan saat Musrenbang.

Disebutkan, pihak Bappeda tentu mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan inin sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan.

Hal ini sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dan Tatacara Evaluasi Ranperda RPJPD dan RPJMD serta Tatacara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Disana dijabarkan, bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan bagian dari proses dan tahapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang saat ini masih sedang disusun dan rumuskan oleh Bappeda, “papar Rinto.

Dia juga sampaikan, dari hasil Musrenbang tingkat Kecamatan ini nantinya, akan menjadi masukan dalam pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kabupaten.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!