Dari Sekarang Sampai Juni Tol Lampung Gratis, ini Tarif Tol Perdana Nantinya

Diterbitkan Tanggal: 22 / 01 / 18

Kategori: | NUSANTARA, PELAYANAN, TODAY |

RIAUEXPRESS, LAMPUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan jalan bebas hambatan perdana di Lampung, pada Minggu (21/01/18) siang.

Tol yang diresmikan sepanjang 14,5 kilometer dari total rancangan 140,9 kilometer, mencakup Bakaheuni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer serta Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan tol ini bisa dilalui tanpa tarif hingga Juni atau masa mudik Lebaran 2018 sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

“Iya gratis sampai Juni bersama segmen tol yang lain,” ujar Herry kepada Kompas.com.

Biro Setpres Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penjelasan terkait Tol Bakauheni-Terbanggi Besar kepada Presiden Joko Widodo. 14,5 kilomtere jalan tol ini diresmikan pada Minggu (21/01/18).

Setelah masa sosialisasi berakhir, pemerintah mulai memberlakukan tarif resmi yang akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun besaran tarif yang akan diberlakukan sekitar Rp 800 per kilometer.

“Jadi untuk kendaraan golongan I, tarif dari Pelabuhan Bakauheni menuju SS Bakauheni sebesar Rp 7.000, dan untuk SS Lematang-SS Kotabaru Rp 4.000,” jelas Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaya.

Pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi dalam 4 paket yakni Paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39,40 kilometer, dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Biro Setpres Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/01/18).

Paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 40,6 kilometer dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 kilometer dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,93 kilometer, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Dari sisi pembiayaan, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi sekitar Rp 16,8 triliun yang dipenuhi dari porsi modal atau ekuitas sudah 52 persen dan 48 persen melalui skema pinjaman perbankan.**Red.

 

 

 

Sumber: kompas.com.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!