Soal Tunda Bayar, Bengkalis Sempat Muncul Wacana Pinjam Pihak Ketiga Lo,,

Diterbitkan Tanggal: 03 / 01 / 18

Kategori: | Bengkalis, OTONOMI, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Kembalinya tunda bayar kegiatan 2017, seperti dialami tahun anggaran 2016 lalu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sempat memunculkan wacana untuk menutupi tunda bayar tersebut, dengan pinjam kepada pihak ketiga.

Wacana tersebut muncul ke permukaan, pada saat dalam proses Pembahasan APBD-P Pemkab. Bengkalis tahun anggaran 2017 lalu. Namun rencana upaya pinjaman kepada pihak ketiga tersebut pada akhirnya tidak terlaksana.

Demikian yang disampaikan Plt Kepala Badan Pengelola dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkalis, Bustami HY, bahwa dia menyebut untuk melakukan pinjaman kepada pihak ketiga ini, mekanismenya lebih berliku-liku dibanding pengesahan APBD.

“Pertama, setelah pihak Pemerintah sepakat untuk meminjam, maka perlu diajukan terlebih dahulu ke DPRD. Selanjutnya ketika pihak Dewan menyetujui, dilanjutkan dengan memasukan anggaran jumlah pinjaman dan pinjamnya itu kepada siapa, “terangnya, Rabu (03/01/18).

Lalu, setelah Pemkab. Bengkalis dengan DPRD ada sepakat dengan upaya pinjaman pihak ketiga itun dilanjutkan melakukan koordinasi dengan Gubernur, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu).

Setelah melalui proses mekanisme tersebut, nantinya Mendagri baru akan mengeluarkan izin pinjaman (hutang) kepada pihak ketiga, untuk menutupi agar tidak terjadi tunda bayar kepada rekanan.

“Memang Pemerintah pinjam kepada pihak ketiga ini aturannya diperbolehkan, pada saat Daerah mengalami defisit anggaran, dengan catatan ada dana cadangannya, namun itu tadi, mekanismenya sangat panjang, sehingga wacana tersebut tidak bisa terlaksana, “tutupnya.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!