Polbeng Didik Warga Ternak Lele Secara Efektif

Diterbitkan Tanggal: 31 / 12 / 17

Kategori: | Bengkalis, PENDIDIKAN, TEKNO, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Pertengahan Bulan Desember kemarin, sejumlah Dosen Polbeng telah melakukan serah terima kolam, pakan dan bibit lele kepada salah seorang masyarakat Jalan Sidomulyo Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Suripto.

Rangkaian ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian oleh Pusat penelitian Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bengkalis dengan agenda “Pelatihan Budidaya Lele Berbasis Bioflok dengan Konstruksi Kolam Wiremesh “ bertempat di Desa Senggoro.

Demikian yang disampaikan salah satu koordinator kegiatan tersebut, juga sebagai Dosen Polbeng Jon Hendri, bahwa dia menyebut, acara tersebut dengan melibatkan dua orang peternak lele warga Senggoro, yakni Suripto dan Sandi Andika.

“Saat itu, sebagai narasumber tiga orang dosen Polbeng, dua diantaranya Dosen Jurusan Teknik Sipil (Juli Ardita Pribadi R, M.Eng dan Dedi Enda, MT), dan satunya Dosen Jurusan Teknik Elektro (Agustiawan, MT), “terang Jon Hendri, Minggu (31/12/17).

Dia sampaikan, pelatihan saat itu dilakukan secara bertahap, pertama survei lapangan, diskusi, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi serta praktek pembuatan kolam. Dan terakhir penyerahan bibit lele kepada mitra.

Sementara itu, menurut salah satu narasumber Juli Ardita Pribadi R, M.Eng, bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan metode pemeliharaan ikan lele yang baik dan efektif.

“Jadi materi yang kita sampaikan dalam pelatihan memelihara ternak lele yang efesien diantara, perlunya membangun kolam menggunakan kontruksi wiremesh, serta penerapan sistem bioflok, “terangnya.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!