Teknis Pembubaran Koperasi Untuk Bengkalis-Bantan, 2 Koperasi Minta Diaktifkan

Diterbitkan Tanggal: 07 / 12 / 17

Kategori: | Bengkalis, OTONOMI, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Bertujuan pemberitahuan soal pembubaran Koperasi tidak aktif, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkalis, mengundang Lurah dan Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Bengkalis dan Bantan, di ruang rapat Kantor Koperasi lantai II jalan Pertanian, Kamis (07/12/17).

Acara yang dikemas “Rapat Teknis Pembubaran Koperasi Tidak Aktif Tahun Anggaran 2017” ini, dibuka Sekretaris Koperasi dan UKM Bengkalis Herman Achmad, sebagai perwakilan Kepala Dinas Tuah Hasrun Saely.

Selain Lurah dan Kades se Kecamatan Bengkalis dan Bantan, juga sebagai pemandu teknis pembubaran koperasi tidak aktif, dari Kabid Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi Suiswantoro, serta dihadiri Kabid UKM Dinas Koperasi Firdaus.

Dalam pembukaan Rapat Teknis ini, Sekretaris Herman Achmad menyampaikan, bahwa koperasi merupakan bagian penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan Pemerintah setiap tahunnya memberikan bantuan. Namun bantuan tersebut terindikasi banyak disalahgunakan.

“Oleh karena itu, melalui Rapat Teknis Pembubaran Koperasi Tidak Aktif ini, kita berharap kedepan Koperasi yang ada bisa mewujudkan Koperasi yang sehat, mandiri dan profesional, “pintanya.

Sementara itu, Kabid Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi Bengkalis Suiswantoro, selaku teknisi pembubaran koparasi yang tidak aktif menyampaikan, bahwa untuk di Kecamatan Bengkalis, Koperasi yang akan diusulkan pembubarannya ada 97 Koperasi, sedangkan di Bantan ada 17 Koperasi dari total 866 Koperasi aktif dan non aktif se Kab. Bengkalis.

“Jadi Koperasi yang kita usulkan ke Pusat untuk dibubarkan se Kabupaten Bengkalis mencapai 326 Koperasi, dan hanya sekitar 3 ratusan koperasi yang masih aktif, “terangnya.

Dia juga sampaikan, Pihak Dinas Koperasi dan UKM Bengkalis dalam hal ini, akan terus melakukan pembinaan, pemberdayaan, pengawasan dan monitoring secara periodik melalui petugas PPKL.

Sejauh ini, lambah Suis, ada 1 Koperasi di Bantan dan 1 Koperasi di Bengkalis, yang keberatan untuk dibubarkan, dengan menyatakan keberatan (sanggahan).

“Keberatan tersebut tetap kita tampung, namun dengan syarat untuk menyampaikan bukti laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dalam 2 tahun terakhir, dan juga seluruh pengurus membuat pernyataan sanggup melaksanakan seluruh ketentuan perundang-undangan tentang Koperasi dari segala administrasi dan operasionalnya, “tutupnya.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!