LSM LH Bengkalis, Bentuk KPA di Desa Muntai Barat

Diterbitkan Tanggal: 02 / 12 / 17

Kategori: | Bantan, BENGKALIS, INSPIRATIF, TODAY |

RIAUEXPRESS, BANTAN – Sejumlah elemen masyarakat di Desa Muntai Barat Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis yang peduli dengan penyelamatan lingkungan dari ancaman abrasi, membentuk kelompok swadaya yang diberi nama Komunitas Peduli Abrasi (KPA)  desa Muntai Barat, Kamis (30/11/17).

Pembentukan KPA itu sendiri mendapat dukungan penuh dari kepala desa Muntai Barat serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis.

KPA yang dibentuk desa Muntai Barat tidak lain merupakan prakarsa dari Lingkaran Hijau Bengkalis (LHB)  organisasi non pemerintah atau kembaga swadaya nasyarakat (LSM)  yang bergerak dibidang lingkungan.

Pembentukan ini, direspon positif dari kalangan masyarakat yang selama ini desa mereka merupakan kawasan yang masuk kategori terkena abrasi cukup parah.

Direktur Eksrkutif LHB tun Ariyul Fikri Amd membenarkan kalau KPA yang dibentuk di desa Muntai Barat merupakan gagasan dari LHB dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam penyelmatan lingkungan khususnya kawasan pesisir dari ancaman abrasi.

“Abrasi di Bengkalis kita akui sudah berlangsung sejak puluhan tahun llal, dan kita sudah melakukan koordinasi dengan DLH bengkalis dan mendapat dukungan untuk langkah tersebut, “ungkapnya.

Selanjutnya setelah di desa Muntai Barat, pihaknya akan membentuk KPA juga disejumlah Desa yang lokasinya rawan abrasi seperti Desa di Keecamatan Bengkalis,  Rupat, Rupat Utara,  Bandar Laksmana dan Bukitbatu.

Menurut alumni Politekhnik Bengkalis ini untuk KPA di desa Muntai Barat nantinya legal formal-nya akan diperkuat Surat Keputusan (SK) kepala desa Muntai Barat.  Bahkan pertemuan pembentukan KPA itu sendiri difasilitasi langsung Kepala Desa Muntai Barat.

“Tujuan LHB menggagas pembentukan KPA dengan melibatkan partisipasi langsung masyarakat di kawasan terkena abrasi akan dilakukan secara berkesinambungan, “ucap Tun Ariyul. **Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!