Soal Napi Bandar Narkoba WN Malaysia Yang Kabur, Imigrasi Bengkalis Lakukan Pemantauan

Diterbitkan Tanggal: 24 / 11 / 17

Kategori: | BENGKALIS, HUKUM & KRIMINAL, NARKOBA, TODAY |

Kakan Imigrasi Bengkalis Toto Suryanto

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Menindaklanjuti kaburnya Narapidana (Napi) Bandar Narkoba WN Malaysia Muhammad Aziziee (33) Jum’at (17/11/17) sekitar pukul 23.00 WIB kemarin, Imigrasi Kelas II Bengkalis telah melakukan upaya pencegahan ke Luar Negeri.

Demikian yang disampaikan Kepala Kantor (Kakan) Imigrasi Bengkalis Toto Suryanto, bahwa pihaknya telah menyebarkan foto dan identitas napi tersebut pada tempat-tempat yang dicurigai sebagai lokasi untuk kabur ke luar negeri.

“Selain menyebarkan foto dan identitas tersebut, anggota kita juga sudah menyebar untuk memantau aktifitas napi yang kabur tersebut, ditempat penginapan yang berada di Kota Bengkalis, “ujarnya, Jum’at (24/11/17).

Menurutnya, perantauan tersebut, juga di Pelabuhan-pelabuhan resmi, seperti Pelabuhan Internasional di Selatbaru, juga Pelabuhan BSL di Bengkalis serta di Penyeberangan RoRo Air Putih.

“Kecuali ketika Napi WN Malaysia itu, sudah kabur ke luar negeri melalui pelabuhan tidak resmi, seperti di pelabuhan-pelabuhan tikus, maka sudah diluar pemantauan kita, “ujar Toto menjelaskan.

Dia jelaskan, untuk Napi WN Malaysia yang kabur tersebut, pihaknya hanya punya kewenangan di wilayah kerjanya saja, sedangkan jika sudah di luar negeri, itu sudah kewenangan dari Interpol.

“Kecuali Napi yang kabur tersebut, statusnya WNI, maka meskipun sampai luar negeri, itu masih menjadi tanggungjawab kita, “tambahnya.

Sebelumnya, Napi Narkoba yang telah di vonis 15 tahun di LP Bengkalis, WN Malaysia Mohammad Aziziee (33), yang baru menjalani 3 tahun, berhasil kabur pada hari Jum’at (17/11/17) sekitar pukul 23.00 WIB.

Sesuai informasi dari Petugas Lapas, Napi Aziziee kabur dari lapas, dengan modus berpura-pura akan mengambil makan dari pintu utama Lapas, kemudian diam-diam kabur dari Lapas menggunakan topi, baju merah dan celana pendek.

Menurutnya sampai hari ini, belum ada tanda tanda ditemukan Napi yang kabur tersebut, namun proses pencarian masih terus dilakukan, bekerjasama dengan pihak Kepolisian.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!