Fatwa MUI Soal Zakat Profesi, Baznas dan MUI Bengkalis Sepakat Jadi Rujukan Umat Muslim

Diterbitkan Tanggal: 23 / 11 / 17

Kategori: | BENGKALIS, TODAY |

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 3 Tahun 2003 tentang Zakat Profesi turut dibahas bersama, yang mendapat apresiasi dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, Rabu (22/11/17).

Melalui siaran di salah satu radio pemerintah, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal mengangkat soal Zakat Profesi sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2003. Tentu hal ini menjadi masukan berharga bagi Baznas Kabupaten Bengkalis untuk menjalankan program kerja.

Demikian disampaikan Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis H Ali Ambar kepada sejumlah wartawan. Menurut Ali Ambar, tema Fatwa MUI nomor 3 Tahun 2003 tentang Zakat Profesi sangat menarik. Menurut Ali Ambar, Fatwa MUI itu merupakan rujukan atau referensi umat Islam khusus nya di kabupaten Bengkalis, yang masih bertanya atau ragu tentang hukum zakat profesi.

“Kita sangat berterimakasih kepada MUI dan mengapresiasi terkait hal ini, Fatwa MUI tentang Zakat Profesi itu sangat jelas sekali hukumnya adalah wajib jika sudah sampai nishab 85 geram emas dan satu tahun, boleh di bayarkan perbulan, “kata Ali Ambar.

Terkait hal ini, lanjutnya, kadar zakatnya 2,5% oleh Baznas Pusat mengeluarkan Peraturan Nomor 73 Tahun 2017 tentang nilai nishab 85 geram emas tu setara 49.895.000 di seluruh Indonesia.

Alumni Al Azhar Cairo ini juga mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk menunaikan kewajibannya membayar zakat, infak dan sedekah ke Baznas sebagai lembaga resmi pemerintah non struktural. Baznas merupakan lembaga yang berhak memungut zakat sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2011.

Ia juga menambahkan, agar sejumlah pihak turut membantu program Baznas, melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ), sehingga bisa maksimal dalam menunaikan salah satu kewajiban umat Islam.

“Tentang pengelolaan zakat, saya menghimbau kepada pihak-pihak untuk membentuk unit pengumpul zakat (UPZ) agar bisa memaksimal dan membantu Baznas dalam peingkatan pengumpulan zakat, ”imbaunya.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!