Tingkatkan PAD, Bengkalis Mulai Lirik Sektor PBB

Diterbitkan Tanggal: 06 / 11 / 17

Kategori: | BENGKALIS, OTONOMI, TODAY |

Ilustrasi

 

RIAUEXPRESS, BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bidang Pendataan dan Pendaftaran Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), mulai melirik dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Demikian yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendataan dan Pendaftaran Badan pendapatan Daerah (Bapenda) Bengkalis Syahruddin, bahwa di tahun 2018, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap PBB Perdesaan dan Perkotaan.

“Yakni sasarannya Zona Nilai Tanah (ZNT), serta Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di seluruh kabupaten Bengkalis. Sehingga dari hasil pendataan tersebut, kita dari Bapenda akan melakukan perbaikan data dan nilai pajak, “ujarnya, Senin (06/11/17) pada wartawan.

Dia jelaskan, sejak tahun 2014 pihaknya mengakui belum pernah melakukan pendataan dan perbaikan nilai pajak tanah. Sehingga perlu dilakukan perbaikan sesuai Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2016, yang diwajibkan melakukan perbaikan data tiga tahun sekali.

“Kalau di tahun 2017 ini target penerimaan kita dari PBB hanya sebesar Rp 9 Miliar, nantinya setelah pendataan di tahun 2018, peningkatan pajak mencapai 16 M rupiah atau paling tidak dibawah 20 miliar rupiah, “jelas Syahruddin.

Menurutnya, setelah pendataan dilakukan, pihaknya tidak begitu saja melakukan kenaikan nilai pajak PBB, namun data tersebut akan dilakukan kajian terlebih dahulu, dan nilai pajak akan ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup).

“Penilaian kita PBB ini merupakan sangat potensil untuk meningkatkan PAD kita, apalagi jumlah SPT PBB di Bengkalis baik Perkotaan maupun Perdesaan 104.1000 SPT, jadi sangat potensil untuk ditingkatkan, “tambahnya lagi.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!