Pilpres 2019: Survei Indikator Politik, Elektabilitas Jokowi 34,2%

Diterbitkan Tanggal: 12 / 10 / 17

Kategori: | NUSANTARA, POLITIK, TODAY |

RIAUEXPRESS, JAKARTA – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) dengan menggunakan metode top of mind sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2019 mencapai 34,2 persen.

Angka ini merupakan yang tertinggi dibanding capres lainnya. Tingginya elektabilitas Jokowi tidak terlepas dari tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi yang mencapai 68,3 persen serta keyakinan terhadap kemampuan untuk memimpin Indonesia sebesar 72,6 persen.

Pesaing terdekat adalah Prabowo Subianto dengan elektabilitas 11,5 persen. Kemudian Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan elektabilitas 2,1 persen dan Hary Tanoesudbjo 1 persen. Lainnya kurang dari 1 persen. Sementara yang menjawab Tidak Tahu (TT), Tidak Jawab (TJ), rahasia mencapai 47,4 persen.

Survei Indikator yang dilakukan pada 17-24 September 2017 melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (multistage random sampling) dari populasi yang telah berumur 17 tahun atau sudah menikah. Margin of error rata-rata survei sebesar +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.**Red.

Sumber: Katadata.co.id

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!