Setelah Resmi Beroperasi, Koperasi BBDM Lakukan Sosialisasi Pada Kelompok Tani

Diterbitkan Tanggal: 02 / 10 / 17

Kategori: | Bukit Batu, TODAY |

RIAUEXPRESS, BUKIT BATU – Setelah dinyatakan keabsahan yang sah oleh Kementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), sejumlah pengurus Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) melaksanakan sosialisasi  dengan sejumlah kelompok tani di Dusun Sukoharja , Minggu (1/10/2017) malam.

Salah satu agenda yang dilakukan dalam sosialisasi tersebut selain silaturahmi, juga dilakukan pendataan ulang dan inventarisir terhadap kelompok tani yang ada di Dusun Sukoharjo Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu,untuk nantinya sebagai persyaratan MoU dengan pihak PT. Surya Dumai (SDA) dengan sistem plasma perkebunan sawit.

Ketua Koperasi BBDM Suwitno Pranolo menjelaskan kronologis berdirinya koperasi hingga terjadi pembekuan oleh Kementrian karena dianggap tidak aktif, atas hal tersebut diambil langkah oleh badan pendiri dengan melakukan Rapat Luar Biasa hingga dirinya terpilih secara legal memimpin koperasi BBDM.

“Kita tidak main-main dalam hal ini, setelah dinyatakan sah oleh kementrian Koperasi UKM dan ada pada sistem,pengurus akan berupaya kembali melakukan inventarisir terhadap kelompok tani yang ada,” ujar Suwitno Pranolo yang akrab disapa Ewok.

Sementara itu Sulistiono juga menyampaikan bahwa hasil dari pendataan nanti setelah lengkap dengan dilengkapi bukti kepemilikan dan data lainnya, maka data ini nantinya akan menjadi dasar sebagai MoU dengan pihak PT. SDA.

“Kita berikan waktu 1 bulan kepada kelompok tani untuk melengkapi dokumen terhadap kepemilikan lahan sesuia kesepakatan yang kita ambil dalam pertemuan ini,” ujar Sulistiono yang juga menjabat sebagai Bendahara Koperasi BBDM ini.

Selain itu nantinya setiap anggota Koperasi yang telah bergabung akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan ini merupakan salah satu persyaratan yang harus ada untuk setiap anggota koperasi.

“Intinya kita dari pengurus akan memperjuangkan hak-hak masyarakat agar kerjasama dengan pihak perusahaan bisa terealisasi secepatnya setelah ada MoU dilakukan,” tegas Sulistiono.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di balai pendopo Dusun Sukoharjo juga dilakukan tanya jawab dengan kelompok tani dan mendapat dukungan dari ratusan warga yang hadir  agar rencana MoU dengan pihak PT.SDA bisa terealisasi secepatnya.**Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!