Ngaku Anggota BIN, Debt Collector Tipu Korban Rp. 85,5 Juta

Diterbitkan Tanggal: 16 / 09 / 17

Kategori: | HUKUM & KRIMINAL, NUSANTARA, TODAY |

RIAUEXPRESS, BOJONEGORO – Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Bojonegoro mengamankan seorang Debt Collector yang mengaku anggota BIN (Badan Intelijen Negara), Rabu (13/09/17) sekitar pukul 17.30 WIB.Penangkapan ini bermula dari dilaporkan korban seorang warga Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Santoso. Dan ditipu oleh pelaku mencapai Rp 85.5 juta.Sedangkan pelaku berinisial SPY als ATK (44), warga Desa Mojorejo Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, diamankan di bawah jembatan Kalikethek, yang setiap harinya, pelaku tinggal di Jalan Lisman turut Desa Campurejo.

Demikian yasng disampaikan Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro melalui Kasubbag Humas Polres Bojonegoro, AKP Mashadi SH, bahwa peristiwa tersebut bermula dari perkenalan antara korban dengan pelaku yang mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN).

“Tapi, setelah dilakukan penyelidikan dan penyidikan, diketahui pelaku memiliki profesi sebagai debt collector atau jasa penagihan hutang, “ungkapnya, Jum”at (14/09/17).

Saat itu, lanjutnya, pelaku menjanjikan pada korban untuk bisa masuk dan diterima sebagai anggota BIN, tanpa seleksi. Sehingga dengan iming-iming tersebut korban tertarik agar menjadi anggota BIN.

Sehingga pada hari Sabtu (29/04/17) beberapa bulan lalu, pelaku meminta uang pada korban sejumlah Rp 85,5 juta. Namun setelah uang tersebut diserahkan, sampai peristiwa itu dilaporkan, janji pelaku tidak ada buktinya.

“Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 372 dan atau 378 KUHP, tentang penipuan dan atau penggelapan, dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun, “terang Mashadi.**Tim/Red.

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!