BAZNAS Kab. Bengkalis Gelar Sosialisasi Zakat Di Bantan

Diterbitkan Tanggal: 02 / 04 / 17

Kategori: | Bantan, RELIGIUS, TODAY |

Pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis Saat Sosialisasi di Bantan.

RIAUEXPRESS, BANTAN – ‎Pengurus BAZNAS Kabupaten Bengkalis yang telah dilantik oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada Februari 2017  lalu, terus melakukan sosialisasi di Kecamatan maupun di perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Bengkalis, Sabtu (01/04/17),

Hadir dalam acara ini, ‎Sekcam Bantan Jundi Mustari, Ka KUA Mahmud, Kepala Desa sekecamatan Bantan, pimpinan BAZNAS Bengkalis, H. Ali Ambar, Zulkifli, Suhaili, Sapuan dan undangan lainnya

Dalam sambutannya, Sekcam Jundi Mustari menyampaikan, bahwa Basnaz Bengkalis bukanlah badan koperasi dan juga bukan organisasi bisnis. Tidak pula lembaga swadaya masyarakat. Melainkan organisasi yang oleh agama Islam diberi kewenangan untuk berinovasi mengumpulkan zakat dari masyarakat.

“Untuk kemudian dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, sesuai yang dicantumkan dalam Al Quran,” terangnya.

Sementara itu, Ketua BAZ NAS H. Ali Ambar, LC, M.Pd.I mengatakan tugas pengurus BAZ/UPZ ini nantinya adalah menyalurkan dan mendayagunakan zakat kepada mustahik atau penerima zakat.

“Untuk itu Amil Zakat dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan merancang strategi penghimpunan zakat secara profesional dengan manajemen pengelolaan yang baik. Juga dapat memahami motivasi donatur (muzaki), program, dan metode organisasi,” ungkapnya.‎

Menurutnya, secara manajemen, lembaga pengelola zakat perlu melakukan berbagai perubahan. Mulai manajemen, sistem pengumpulan, pendistribusian, hingga pendayagunaan zakat.

“Kegiatan pengumpulan dan pengelolaan zakat) ini merupakan sebuah cita-cita agung yang membutuhkan kerjasama . Harus dapat bersinergi dengan seluruh elemen yang ada. Baik umara, ulama, serta tokoh-tokoh masyarakat,” tambah Ali lagi.

Laporan: Budi Prayitno

Editor: Mislam

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!