PT. PCR Pinggir Di Demo Warga, Apa Penyebabnya?

Diterbitkan Tanggal: 20 / 03 / 17

Kategori: | BERITA HANGAT, MANDAU & PINGGIR, TODAY, WAJAH DESA |

ILUSTRASI DEMO PKS

Ilustrasi – Foto: borneonews.co.id

RIAUEXPRESS, PINGGIR – Unjuk rasa dari masyarakat tempatan terhadap Perusahaan PT.PCR, atas nama MPL (Masyarakat Peduli Lingkugan ) yang terdiri dari 2 RW dari Kel. Titian Antui dan 1 RW Talang Mandi. Masa terpusat di depan kantor Perusahaan PT. PCR (PKS ) yang beralamat jln Gajah Mada Km 3.5 Sebanga Kel.Talang Mandi Kec. Mandau Kab. Bengkalis Prov Riau. Senin 20/03/17.

Hasil pantauan awak media RiauEexpress.Cm dilapangan terlihat konsentrasi masa berkumpul didepan pintu/gerbang sambil melakukan orasi bersama. Adapun yang datang pada saat orasi dari wakil dari RW masing-masing. RW 06 Talang Mandi Budiman, RW 08 Titian Antui Silamba, RW 09 Titian Antui Sukatman.

Sementara dari Ketua kelompok dari penggerak masa masyarakat adalah Llumban Hutagaol.

“Kami dari wakil masyarakat mempertanyakan tentang rekrukmen karyawan yg persentasenya 60/40 tidak ada pembuktianya, dan kami berorasi disini tidak buat masalah, tapi ingin menyelesaikan masalah selama ini dan  perusahaan sdh berjalan lebih kurang 6 bulan, tapi karyawan yang ada banyak diambil dari luar daerah”.ujarnya.

Dari Pantauan, adapun tuntun warga masyarakat adalah 1.Tentang rekrutmen karyawan yg kategori 60/40 Tidak jelas, 2 .Tentang jalan banyak yg hancur 3. Sering timbul banjir jika hujan ( selama ini tidak  ada banjir ), 4.Banyak timbul rumah warga yang retak-retak, barang elektronik banyak yg rusak, serta bau asap dari perusahaan.

Salah seorang tokoh Ketua RW 06 Talang Mandi,  Budiman dalam  orasinya “Bberharap kepada semua masyarakat yang datang unjuk rasa agar menjaga keamanan dan kenyamanan agar apa yang jadi permasalahan bisa terealisasi oleh perusahaan PT.PCR PKS”. ungkapnya.

Orasi Dilanjutkan kembali oleh salah seorang Tokoh lintas agama Siagian. “Perjanjian yang sudah kita setujui dengan pihak perusahaan PT. PCR waktu dulu pertama berdiri PKS ini, yg mana management yang diangkat sewaktu buat komitment dengan kita dulu sudah tidak ada lagi, karena sebahagian dari manajement yang diangkat hilang dari perusahaan”. Jelas Siagian.

Masa yang datang sekitar 300an orang, ini  jauh lebih sedikit dari putusan awal oleh kelompk MPL sekitar 400 orang masa sesuai dengan surat permohonan kepada pihak kepolisian setempat. Demikian yang disampaikan salah seorang ketua kelompok MPL yg enggan disebutkan namanya kepada awak media.

Untuk memastikan, awak media melakukan konfirmasi kepada Bambang selaku Manager “Terkait adanya demontrasi masyarakat, kita selalu menerima aspirasi masyarakat, apa yang menjadi keluhan masyarakat selama ini. Sebahagian sudah kita penuhi, termasuk realisasi rekrutment yang 60/40 tersebut”, ujarnya.

Sampai betita ini diturunkan belum ada hasil yang disepakati,  dilakukan pertemuan awal dari pihak masyarakat (MPL ) dengan pihak perusahaan yang didampingi oleh aparat kepolisian sektor Mandau/Pinggir, Babinsa serta Babinkamtipmas.

Laporan: Henropentri

Editor: Mislam

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!