Peringati HAN 2016, Bupati Ajak Akhiri Kekerasan Pada Anak

Diterbitkan Tanggal: 29 / 07 / 16

Kategori: | adv.Bengkalis |

HANBENGKALIS, HUMAS – Sesuai tema peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2016, yaitu “Akhiri Kekerasan Pada Anak”, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak semua komponen di daerah berjuluk Negeri Junjungan ini untuk bersama-sama melawan, meminimalisir, dan tidak mentolerir bentuk aksi kekerasan pada anak, baik itu dalam bentuk fisik maupun psikis.
“Hal ini perlu kami ingatkan, karena sejauh ini, kita sering melihat, mendengar dan membaca pemberitaan di berbagai media, mengenai aksi kekerasan terhadap anak, baik itu dirumah, sekolah, maupun tempat umum” ujar Amril. Dia mengemukakan hal itu pada puncak peringatan HAN 2016 tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis, Kamis (28/07/2016).

Dibagian lain, mantan Kepala Desa Muara Basung ini mengingatkan orang tua bahwa secara tidak disadari kita kerap melakukan kekerasan terhadap anak, salah satu bentuk kekerasan yang dimaksud adalah kekerasan melalui kata-kata yang menyakitkan.

“Meskipun sifatnya kecil, hal demikian tidak boleh kita lakukan. Sebab, kekerasan dalam bentuk apapun yang dialami anak, akan membawa dampak. Selain stres dan depresi, kekerasan yang dialami dapat menggangu tumbuh kembang anak” papar Amril.

Sebagai contoh, imbuhnya, jika orang tua mengatakan anaknya bodoh, maka dia akan mengganggap dirinya seperti itu. Kondisi ini akan menyebabkan anak cenderung kurang percaya diri serta dapat memperlambat kemandiriannya.

Oleh karena itu, melalui peringatan HAN 2016, Bupati Amril mengajak orang tua dan segenap elemen masyarakat, untuk ciptakan lingkungan kondusif demi peningkatan tumbuh kembang anak. Untuk menciptakan lingkungan kondisi dimaksud harus dimulai dari setiap keluarga.

“Karena keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang dapat menciptakan anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air melalui pengasuhan yang berkualitas serta diimbangi nilail-nilai kepribadian dan karakter mulia bagi anak sejak usia dini” ajaknya.

Selain Ketua DPRD Bengkalis H Heru Wahyudi, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rustiyono, puncak peringatan HAN 2016 juga dihadiri Ketua TP. PKK Bengkalis Kasmarni Amril dan sejumlah pejabat Eselon lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

ADV.

Humas

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!