Kasus Tanah Di Mandau Harus Ditangani Dengan Serius

Diterbitkan Tanggal: 15 / 04 / 16

Kategori: | BUTUH PERHATIAN, LMR-RI |

Duri, riauexpress.com: Kota Duri Kec. Mandau Kab. Bengkalis Prov. Riau adalah salah satu Kota Kecil, namun cukup menjanjikan secara geografis. Dan Hasil bumi yang melimpah dari Minyak mentahnya membuat para pemburu tanah berbondong-bondong untuk dapat memilikinya, bahkan sampai-sampai tanah yang sudah terjual yang diketahui oleh kepala desa setempat dijual lagi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ini terbukti saat awak media  menemukan salah satu surat tanah yang seharusnya dimiliki oleh pihak pertama dengan pengakuan atas sempadan dan ditandatangani oleh Kepala Desa setempat, namun dengan enaknya pihak berikutnya telah berhasil memiliki dan mengaku pihaknya yang telah mempunyai sebidang tanah atas dasar sepotong surat dan lebih hebatnya lagi Kepala Desa menyetujui dan mengiyakan bahwa tanah tersebut adalah hak milik pihak yang berikutnya (bukan yang pertama).

Pada kesempatan waktu awak media telah berhasil menjumpai salah satu pemilik tanah yang sah di Kec. Mandau yang ditandatangani oleh sempadan dan Kepala Desa, namun benar adanya jelas pemilik tanah, beliau mengatakan “Kami telah memiliki tanah ini dari beberapa tahun yg lalu, tapi entah kenapa ada pihak-pihak yang mengaku dan bahkan dengan beraninya menanami lahan yang menjadi hak milik kami jelas beliau dengan kesal. Kami dalam posisi yang sangat lemah, karena kami tidak punya kekuatan untuk menuntut, kami tidak punya uang. Kami hanya bisa berdo’a mudah-mudahan ada pihak yang membantu kami dikemudian hari ujar pemilik tanah.

Dalam kesempatan ini, awak media secara terpisah melakukan wawanca kepada salah satu pemerhati akan masalah tanah di Bengkalis umumnya dan khususnya di Kecamatan Mandau yaitu LEMBAGA MISSI RECLASSEERING REPUBLIK INDONESIA (LMR-RI) KOMDA Bengkalis, dalam wawancara Ketua LMR-RI KOMDA Bengkalis Harianto 12/4/16 di Kantor Cabang LMR-RI KOMDA Bengkalis Jl. Sakobotik, beliau mengatakan:

“Sesuai dengan temuan intelijen LMR-RI KOMDA Bengkalis, masalah tanah di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis sudah sangat memprihatinkan dalam pantauan. Apalagi setelah pemekaran Desa beberapa waktu yang lalu”jelas Harianto.

Harapan kami kepada masyarakat yang telah terzalimi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab jangan pernah takut dan gentar menghadapinya. Dan kami juga berharap kepada Pemerintah Desa janganlah asal mengeluarkan surat. Kami akan mengawasi segala bentuk penyelewengan yang ada di Negara ini jelas Harianto kepada Media ini.

[RX]

         

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!